MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Mendirikan bisnis berangkat dari keresahan. Itulah yang dilakukan oleh Anggri Sartika Wiguna pemilik startup Agronesia. Dengan melihat peluang yang ada di masyarakat, ia dapat mengambil posisi yang menguntungkan.
Merintis binsis startup sejak tahun 2019, berlatar belakang banyaknya kendala yang dihadapi terkait pemasaran untuk hasil-hasil tani, khususnya seperti kopi. “Pemasaran dari petani itu susah, apalagi kalau harus menebus pasar ekspor. Di sini saya kepikiran bagaimana cara menjembatani antara petani dengan konsumen namun dalam jangkauan yang lebih luas,” terangnya.
Ia menceritakan mulanya bergerak di engineering. Namun seiring waktu, kebutuhan akan pemasaran produk menjadi hal utama yang paling banyak dicari oleh para petani “Makanya muncul Agronesia yang menjalankan bisnis be to be dengan pasar internasional. Tentu bukan hal mudah juga. Banyak tantangan yang dihadapi khususnya di hulu karena masih butuh supply chain,” ujarnya.
Menurutnya, dunia bisnis di era sekarang ini cukup menjanjikan. Asal dapat dengan cermat mengawasi dan mengamati sekitar. Tentu apa yang dibutuhkan oleh pasar itulah yang harus dikejar.
“Peluang itu sangat banyak dalam bisnis, makanya harus pandai melihat peluang di sekitar kita. Apa yang jadi peluang bisnis harus langsung dieksekusi. Kemajuan zaman ini memberikan banyak kemudahan,” tandasnya.(adm/lim)