Malang Posco Media – Peran teknologi sebagai enabler, empower dan transformer bagi pendidikan menjadikan pendidikan Indonesia kembali bangkit lebih cepat dan lebih kuat pascapandemi. Pendidikan di Indonesia harus lebih kuat lagi. Energi yang bangkit selama pandemi harus kita perkuat lagi ke depan sehingga Indonesia akan berlari kencang melompat ke masa depan sebagai negara maju, negara sejahtera bagi semuanya.
Perubahan cara pandang, cara berpikir, dan cara kerja yang menggunakan teknologi harapannya transformasi terus maju ke depan membuat perubahan yang lebih baik dan tidak akan balik lagi ke belakang. Dan teknologi semakin memperkuat ekosistem pendidikan.
Dengan teknologi dapat melahirkan pemimpin-pemimpin hebat di Indonesia dan akan membentuk pemimpin yang hebat untuk menjaga bangsa kita ini. Karena memang seharusnya kecanggihan teknologi digunakan untuk hal yang positif bukan untuk kejahatan.
Teknologi berperan sebagai enabler, empower, dan transformers pendidikan. Teknologi sebagai enabler, yaitu kita mau mengubah atau tidak. Atau kita mau berubah atau tidak menjadi lebih maju melalui teknologi. Teknologi sebagai empower, yaitu teknologi dapat mendorong guru yang awalnya tidak memiliki power dalam pembelajaran menjadi memiliki sumber belajar yang bagus karena bantuan teknologi digital. Sedangkan teknologi sebagai transformer, yaitu suatu perubahan. teknologi mentransformasikan anak-anak didik kita dan guru-guru dan staf sekolah menuju masa depan yang lebih baik melalui teknologi.
Masa Covid-19 telah memaksa siswa, guru, dan sekolah harus melakukan aktivitas belajar mengajar dengan mengandalkan teknologi digital. Pemanfaatan berbagai macam platform online dianggap sebagai fasilitas yang dapat digunakan secara fleksible.
Digitalisasi pendidikan akan menjadikan siswa cukup dekat dengan teknologi. Setelah melalui dua tahun proses pembelajaran secara daring, kini memasuki era pembelajaran tatap muka di sekolah memaksa tenaga pendidik, peserta didik, dan orang tua untuk terus melanjutkan menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran.
Hikmah yang didapatkan dari dampak dua tahun belajar daring karena adanya virus Covid-19 ternyata pendalaman teknologi pembelajaran digital oleh pendidik menjadi sebuah makanan sehari-hari. Bisa karena biasa. Sehingga memberikan kemajuan bagi pendidikan dan bangkit lebih kuat di era yang serba digital ini.
Terobosan teknologi telah dilakukan oleh beberapa sekolah di Kota Malang untuk lompatan kemajuan pendidikan di Indonesia. Awalnya perubahan teknologi sulit diterima oleh pendidik atau peserta didik. Bagaimana tidak, kebiasaan menggunakan papan tulis di kelas kini beralih menggunakan IFP (Interactive Flat Panel) yaitu sebuah papan sentuh digital yang interaktif sebagai pengganti papan tulis di kelas.
Penggunaan buku paket kini beralih menjadi modul digital dalam sistem one note yaitu media pembelajaran digital yang dapat menampung semua materi sekolah dalam satu sistem. Semua menjadi serba digital. Tapi tuntutan ini menggerakkan pendidik dan peserta didik untuk terus belajar dan menguasai teknologi di era digitalisasi.
Dengan ketangguhan pendidik dan peserta didik untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dalam mempelajari teknologi pembelajaran digital maka penggunaan teknologi digital di sekolah saat ini sudah dapat diterima. Dengan adanya media pembelajaran digital di sekolah para guru dapat mengakselerasi kemajuan pendidikan melalui media pembelajaran digital.
Melalui IFP (Interactive Flat Panel) guru dan siswa bisa melakukan presentasi secara maksimal, atau mengajar berhitung karena layar IFP bisa dicoret-coret. Jadi bisa digunakan seperti papan tulis yang bisa dicoret-coret pakai spidol. Dan guru bisa memberikan edukasi yang interaktif kepada siswa karena IFP berbasis android.
IFP juga bisa parent control yaitu membatasi situ-situs yang tidak layak ditonton oleh anak-anak. Ada fitur papan interaktif yang canggih. Kita bisa menulis dilayar seperti di papan tulis dan ketika menghapus hanya tinggal sekali klik tombol saja.
Ada fitur kalukulator dan stopwatch untuk timer ketika ada kuis atau ujian. Sangat praktis sekali seperti fungsi laptop, HP, dan papan tulis dalam 1 alat teknologi media pembelajaran. Selain itu layar IFP juga anti kuman, sensor kualitas udara aman untuk mata bagi guru dan siswa. Hal ini jauh lebih efisien waktu, praktis, lengkap dan lebih mudah.
Begitu juga dengan sistem onenote bisa memberikan banyak manfaat. Kini tak ada lagi sampah kertas bekas lembar soal, tak ada lagi buku paket, buku catatan yang hilang, modul bisa dicoret-coret, dan banyak manfaat lainnya.
Guru cukup membuka onenote di laptopnya untuk mendapatkan modul-modul pembelajaran yang dibutuhkan. Teknologi bisa menjadi solusi untuk memudahkan pembelajaran dan aktivitas administrasi di sekolah.
Sebelum pandemi Covid-19 melanda, kemajuan teknologi menjadi hal yang sulit khususnya bagi para guru senior dimana pada zaman mereka belum ada laptop dan masih menggunakan papan dan kapur. Namun, dengan datangnya pandemic Covid-19 di Indonesia justru mendorong segenap elemen pendidikan bergerak bersama memanfaatkan teknologi sebagai solusi pembelajaran yang yang bisa dilakukan dari rumah.
Keberhasilan program digitalisasi pendidikan di Indonesia sangat bergantung pada kesiapan dari setiap aspek, baik lembaga maupun sumber daya manusianya. Khususnya dalam aspek infrastruktur pendidikan. Batasan antara manusia dan teknologi harus dihapuskan agar mendukung teknologi pendidikan di Indonesia dengan solusi ekosistem pembelajaran lewat layar, kapanpun dan dimanapun.
Guru mengembangkan berbagai inovasi pembelajaran berbasis TIK seperti modul digital, one note, e-elearning maka akan menghasilkan kualitas pembelajaran yang terus meningkat. Begitu juga dengan tenaga kependidikan seperti staf tata usaha, pustakawan dan laboran menggunakan teknologi dalam layanan administrasi, memberikan layanan prima, cepat, mudah, transparan dan akurat maka akan menghasilkan layanan yang berkualitas.
Solusi whiteboard sentuh digital interaktif berbasis web EZWrite Live untuk pengajaran dan kolaborasi kelas yang menarik untuk membantu sekolah menciptakan ruang belajar yang menyenangkan dan ramah BYOD (Bring Your Own Device). Manfaat sekolah menerapkan BYOD adalah membantu siswa menyimpan semua materi sekolah dalam 1 perangkat yaitu laptop.(*)