spot_img
spot_img
Friday, March 29, 2024
spot_img
spot_img

Telkom Salurkan Bantuan Rp 1 Miliar Terhadap Korban Gempa Cianjur

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyerahkan bantuan telekomunikasi senilai Rp1 miliar. Bantuan tersebut berupa dukungan layanan komunikasi pada posko dan sarana publik, serta kompensasi pelanggan atas layanan yang terganggu pascagempa. Ini merupakan bukti nyata kontribusi Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka yang melayani masyarakat.

Sejauh ini, Telkom telah mendistribusikan dukungan opsi komunikasi di 27 lokasi pusat penanggulangan bencana untuk memanfaatkan kelancaran komunikasi selama proses evakuasi dan penyaluran bantuan kepada para korban. Bantuan diberikan ke berbagai rumah sakit, puskesmas, titik pengungsian, posko PMI, posko BNPB, posko Kominfo, posko Basarnas dan berbagai posko BUMN di wilayah Cianjur.

Dukungan komunikasi bersama terdiri dari 12 IndiHome, 11 Wi-Fi Managed Service, 3 unit Orbit, 2 unit internet satelit Starlink, 4 unit telepon satelit dan 2 unit mobile cognitive radio base station. Layanan internet ini tidak hanya digunakan untuk operasional petugas posko, tetapi juga dapat digunakan oleh pengungsi dan pelanggan terdampak.

Selain daripada penyerahan bantuan, Telkom senantiasa berupaya mempercepat pemulihan layanan telekomunikasi di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya melalui perbaikan infrastruktur yang terdampak. Perbaikan infrastruktur telekomunikasi yang dilakukan oleh Telkom mencakup perbaikan menara base transceiver station (BTS) dan jaringan fiber optik. Telkom juga telah berhasil melakukan perbaikan infrastruktur dan layanan telekomunikasi termasuk pada area yang sebelumnya terkendala oleh longsor di daerah Cugenang, Kabupaten Cianjur. Tak hanya itu, Telkom juga memastikan bahwa terdapat kompensasi bagi pelanggan yang layanannya terdampak pasca gempa.

Executive Vice President Telkom Regional III Jawa Barat Syaifudin menyampaikan bahwa kompensasi yang akan diberikan kepada pelanggan sesuai dengan aturan yang berlaku. “Bagi pelanggan IndiHome dan Bisnis yang terdampak, kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masing-masing pelanggan,” kata Syaifudin. Adapun bantuan komunikasi tersebut akan terus disalurkan secara bertahap sesuai kebutuhan dan bisa bertambah lagi seiring dengan proses recovery pasca bencana gempa.

Sebelumnya, Telkom telah menyalurkan 1000 paket sembako dan juga menjadikan kantor Datel Cianjur dan STO Sukaresmi sebagai posko penampungan sementara sekaligus untuk menyalurkan bantuan kepada 21 desa, 52 kampung, dan 4.100 jiwa yang terdampak. Telkom pun secara kontinyu memberikan bantuan kepada masyarakat yang berada di Cianjur dan sekitarnya, baik itu berupa ambulans, makanan siap saji, air mineral, bahan pokok, selimut, obat-obatan, P3K, peralatan sanitasi, peralatan tidur, hingga bantuan psikologis berupa trauma healing bagi korban. (mg7/jon)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img