spot_img
Thursday, May 23, 2024
spot_img

Terkendala Update Silon, KPU Kota Batu Belum Bisa Lakukan Vermin Bakal Calon

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU- Pendaftaran Bacaleg dalam Pileg DPRD Kota Batu tahun 2024 memasuki verifikasi administrasi. Dalam proses ini KPU Kota Batu bakal melakukan verifikasi administrasi mengenai persyaratan para Bacaleg yang didaftarkan. Disampaikan oleh Anggota KPU Kota Batu Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Marlina, bahwa untuk Kota Batu total Bacaleg yang terdaftar mencapai 433 orang dari 18 parpol. Dengan rincian 243 Bacaleg laki-laki dan 190 Bacaleg perempuan.

“Kami akan melakukan verifikasi administrasi terhadap 433 Bacaleg di Kota Batu. Nantinya verifikasi dokumen persyaratan bakal calon akan ada dua kategori yang digunakan untuk penilaian atau penelitian, yang pertama kebenaran dan keabsahan dokumen persyaratan. Kedua kegandaan bakal calon,” ujar Marlina kepada Malang Posco Media (24/5) kemarin.

Namun, lanjut Marlina, saat ini KPU Kota Batu belum melakukan verifikasi dokumen persyaratan bakal calon. Pasalnya masih ada kendala akibat masih menunggu update Silon. “Saat ini kami belum bisa melakukan verifikasi. Info dari divisi teknis, masih menunggu update Silon karena surat 495 kemarin, terkait pengajuan kembali Bacaleg yang terkendala akibat Silon. Kedepan Divisi Teknis, Kasubag serta Operator Silon akan mengikuti rakor dan bimtek vermin ini yang dilaksanakan oleh KPU RI,” bebernya.

Sesuai dengan jadwal, untuk verifikasi administrasi kebenaran dan kegandaan bakal calon dimulai 15 Mei sampai 23 Juni 2023. Setelah dilanjutkan penyampaian hasil verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon sabtu 24 – 25 Juni 2023.

Sekiranya masih ada dokumen yang belum benar dan belum sah, bakal calon atau partai politik akan memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan pada masa perbaikan. Untuk jadwal masa perbaikan dilakukan mulai 24 Juni sampai 9 Juli 2023 atau selama 14 hari kalender. “Selanjutnya KPU akan mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) pada 19-23 Agustus 2023,” pungkasnya. (eri/udi)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img