Sikapi Tingginya Permintaan Live Host
MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Live Host menjadi pekerjaan yang kini banyak digandrungi. Dari situ, TikTok Shop by Tokopedia menegaskan komitmennya untuk terus mengembangkan talenta digital Indonesia sekaligus memperkuat ekosistem live commerce nasional. Salah satunya lewat program WaktunyaSTARt!
Komitmen ini sejalan dengan hasil riset yang dilakukan TikTok Shop by Tokopedia yang menunjukkan bahwa, kewirausahaan masih menjadi aspirasi karier utama di kalangan anak muda Indonesia (23,9 persen). Diikuti oleh karyawan sektor swasta (12,4 persen), kreator konten (12,5 persen).
Di antara mereka yang telah aktif sebagai Host, pekerjaan LIVE Host menjadi salah satu yang diminati (38,1 persen), kreator konten (74 persen), dan wirausaha (18,2 persen).
“Dengan program ini kami berkomitmen untuk membekali masyarakat dengan keterampilan dan wawasan agar dapat menjadi LIVE Host yang profesional dan berkualitas. Kami ingin melahirkan lebih banyak talenta digital yang kreatif,” jelas Senior Director of E-Commerce Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia, Stephanie Susilo melalui siaran pers tertulis, Selasa (21/10) hari ini.
Ia menjelaskan program WaktunyaSTARt! dirancang untuk memberdayakan masyarakat dari berbagai latar belakang. Agar memperoleh keterampilan LIVE hosting secara profesional melalui pelatihan terstruktur, praktik langsung, dan pendampingan intensif.
Tokopedia dan TikTok Shop juga berkolaborasi dengan berbagai kementerian untuk memperkuat ekosistem kreator digital di Indonesia.
Melalui program Creators Lab yang diinisiasi bersama pemerintah, Tokopedia dan TikTok Shop telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 600 mahasiswa. Selain itu, bersama Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif RI, kedua platform melatih ribuan perempuan melalui program Emak-Emak Melek Teknologi (Emak-Emak Matic) agar menjadi affiliate content creator yang profesional, berkualitas, dan berdaya saing tinggi.
“Melihat popularitas LIVE shopping sebagai cara berbelanja online yang terus meningkat, kami terus mendukung jutaan penjual termasuk pelaku UMKM yang berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap PDB nasional untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan melalui fitur interaktif LIVE shopping,” pungkas Stepahnie. (ica/van)