spot_img
Thursday, June 20, 2024
spot_img

Universitas Brawijaya

Tim ATOM Chem-E-Car Berjaya di ICRCC 2023

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) kembali meraih prestasi gemilang di level internasional. Prestasi kali ini ditorehkan oleh Tim ATOM CHEM E CAR dalam ajang Indonesia Chemical Reaction Car Competition (ICRCC) 2023, pekan lalu.

Lomba ini diselenggarakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Tim ATOM Nawasena berhasil meraih 2nd winner. Tim ini beranggotakan Muhamad Irfan, Putu Audley Divania Putri, Nabila Oktavia, Fajar Adianto Aribowo, Desty Octavianti, dan Mayland Faizal Al Chuzamy.

Di bawah bimbingan Ir. Bambang Poerwadi, M.S., dan Supriyono, S.T., M.T tim ATOM berhasil unggul dan menjadi finalis bersama 15 tim lainnya setelah melewati serangkaian seleksi konsep prototipe mobil. “Seluruh tim diminta menunjukkan keunggulan prototipe masing-masing di hadapan para juri dan peserta,” kata salah satu anggota tim, Mayland Muhamad Irfan.

ICRCC sendiri, lanjutnya, adalah kompetisi internasional yang diadakan untuk mahasiswa sarjana untuk merancang dan membuat prototipe mobil yang digerakkan oleh reaksi kimia yang akan membawa beban tertentu dengan aman dalam jarak tertentu dan berhenti.

“Kompetisi ini bertujuan untuk menunjukkan kemampuan peserta dalam mengontrol reaksi kimia,” tambahnya.

Sebelum tahap race dilakukan, terdapat tahap Test Run. Setiap tim diberikan waktu untuk memperhitungkan seberapa banyak bahan kimia yang dibutuhkan agar mobil tersebut dapat melaju dan berhenti dengan sendirinya.

Pada race day, setiap tim diberikan kesempatan dua kali untuk melajukan mobilnya. Nilai yang diambil adalah nilai terbaik dari dua kali percobaan tersebut.

ATOM Nawasena mengusung konsep mobil kimia berbasis pressurized gas yang difilter menggunakan air regulator filter, lalu menggerakan piston yang dibantu oleh mechanical roller valve agar berjalan dengan mulus dalam menggerakkan mobil.

Power source digunakan untuk menghasilkan gas bertekanan berasal dari reaksi dekomposisi hidrogen peroksida dibantu dengan adanya katalis untuk mempercepat reaksi.

Dari konsep tersebut membawa tim ATOM berhasil menuntaskan challenge di urutan kedua dan berhasil menggaungkan kembali Jargon ATOM, ‘Act like a champion, be a champion’ di atas podium.

“Dengan kembalinya juara ke pangkuan, semoga di tahun berikutnya Tim Atom Chem E Car akan terus mengukir prestasi dan menjadi yang terbaik,” harap mahasiswa angkatan 2021 ini mewakili tim. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img