spot_img
spot_img

Tingkatkan Kemampuan Akademik Bidang Fisika

Brawijaya Physics Event 2022

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Himpunan Mahasiswa Fisika Universitas Brawijaya (HIMAFIS UB) menggelar olimpiade akademik bidang Fisika, Astronomi serta Kebumian tingkat Nasional bagi pelajar SMA Se-derajat, 26 hingga 30 Oktober. Berlangsung secara hybrid berpusat di Gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (FMIPA UB).

“Olimpiade ini diselenggarakan sebagai wadah bagi siswa guna mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasannya di bidang keilmuan Fisika,” tutur ketua Pelaksana Brawijaya Physics Event  (Braphy) tahun 2022, Abdul Khodir Jaelani kepada Malang Posco Media, Kamis (3/11) lalu. 

“Olimpiade Braphy ini terkenal dengan kualitas soal-soalnya yang mendekati Olimpiade Sains Nasional (OSN) jadi banyak yang menggunakannya untuk latihan sebelum mengikuti OSN,” lanjutnya.  Braphy 2022 merupakan event tahunan yang sudah banyak dikenal oleh siswa SMA Sederajat. Diikuti oleh 367 peserta seluruh Indonesia.

Berita Lainnya:  Kuatkan Karakter Cinta Guru dan Orang Tua
akademik
BERTANDING: Peserta olimpiade dari berbagai daerah di Indonesia sedang mengerjakan soal-soal olimpiade dalam ajang Brawijaya Physics Event (Braphy) tahun 2022 di Gedung FMIPA UB.(Humas Himafis for MPM)

Sebelum pelaksanaan Braphy 2022, panitia juga menyelenggarakan pra-event dalam bentuk roadshow. Kegiatan tersebut merupakan bentuk visitasi yang dilakukan oleh panitia dalam memperkenalkan lebih jauh mengenai Departemen Fisika FMIPA UB serta mempromosikan kegiatan Braphy 2022. “Kita adakan Roadshow mulai dari Agustus hingga September. Sasaran kita adalah sekolah-sekolah yang berada di Malang Raya,” kata mahasiswa semester 5 tersebut.

Sebagai event yang telah diselenggarakan setiap tahunnya, Braphy mendapatkan dukungan penuh dari pihak fakultas maupun para dosen di lingkup Departemen Fisika, FMIPA UB. “Support yang diberikan adalah dalam hal pengadaan tempat untuk berlangsungnya olimpiade Fisika tingkat nasional ini,” paparnya.

Berita Lainnya:  Karya Nyata, Lahirkan Lulusan Unggul dan Kompeten

Hasil Braphy 2022, keluar sebagai pemenang juara pertama pada kategori Fisika yakni MAN 2 Mataram, sedangkan pada bidang Astronomi, juara pertama diraih oleh SMA Semesta Semarang, dan juara pertama pada bidang Kebumian adalah MAN Insan Cendekia Pasuruan. (mp1/bua)

Ikuti Juga Berita Malang Hari Ini dan Info seputar Arema FC, Arema dan Aremania di Youtube dan Tiktok Kami



BERITA LAINNYA