Memberikan Pelayanan Pajak, Juga Mengajak Pegawai Berwisata
MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang menggelar kegiatan sosialisasi pelayanan pajak di Desa Purwodadi Kecamatan Tirtoyudo. Sosialisasi ini tak lain untuk meningkatkan pendapatan pajak. Kegiatan digelar di wilayah Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo Senin (18/7) lalu.
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang Dr Made Arya Wedanthara mengatakan jika Bapenda terus melakukan show of force ke desa-desa. Untuk memberikan pelayanan terkait pajak. “Kami melakukan door to door ke desa-desa. Melakukan sosialisasi. Harapannya melalui sosialisasi yang kami gelar kesadaran masyarakat dalam membayar pajak pun semakin meningkat,’’ ungkapnya.
Mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang ini juga mengatakan, jika Bapenda mengelola 10 jenis pajak. Yaitu pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, PPJ, MBLB, Parkir, Air tanah, PBB dan BPHTB. “Kita sosialisasikan semuanya kepada masyarakat,’’ ungkapnya.
Selain itu, dalam sosialisasi kami juga melakukan tanya jawab dengan masyarakat terkait distribusi SPT PBB. Made juga menguraikan, agar masyarakat melihat secara teliti SPT PBB yang sudah diterima. “Jika ada kesalahan SPT PBB dapat direvisi. Untuk merevisi SPT PBB warga tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor Bapenda. Cukup menggunakan aplikasi Si Panji, warga bisa melaporkan kekeliruan data dan melakukan pembetulan,’’ ungkapnya.
Sementara itu selain melakukan sosialisasi layanan pajak, Made juga mengatakan kegiatan di Desa Purwodadi lalu juga diisi outbond oleh seluruh pegawai Bapenda. Outbond digelar di dua pantai. Yaitu Pantai Wediawu dan Pantai Banyu Anjlok.
“Outbond ini sebagai upaya kami untuk penguatan SDM. Kami tidak hanya melakukan komunikasi dengan para pegawai tapi juga koordinasi,’’ ungkapnya.
Melalui kegiatan outbond tersebut, Made berharap seluruh pegawai kian memiliki motivasi. Sehingga kinerja mereka pun lebih baik ke depannya.
“Karena dalam outbond ini ada beragam permainan. Dimana permainan ini dapat menciptakan leadership yang baik seluruh pegawai,’’ urainya. Tidak lupa, Made menyebutkan outbond ini diisi dengan kegiatan wisata. Yang tujuannya adalah memberikan rasa rileks kepada para pegawai, dengan harapan setelah kegiatan ini mereka pun bekerja lebih baik.
“Jadi kami ini istilahnya sekali dayung dua tiga pulai terlampaui. Kami tetap mengerjakan tugas kami memberikan pelayanan pajak kepada masyarakat, juga mengajak pegawai berwisata, sehingga saat masuk kantor kembali, mereka pun segar dan semangat kerjanya pun meningkat,’’ tandasnya. (ira/adv/ggs)