spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Tips Ampuh Jaga Daya Tahan Tubuh Lawan Pilek dan Flu

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Ketika suhu menurun dan musim flu masih berlangsung, pastikan kesehatan Anda tetap terjaga dengan menjaga pola makan bergizi. Menurut Bonnie Taub-Dix, seorang ahli diet dan ahli gizi terdaftar dari Long Island yang dikutip oleh laman Medical Daily, penting untuk menjadikan pola makan sehat sebagai fokus sepanjang tahun.

Taub-Dix merekomendasikan agar Anda memasukkan makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, seperti makanan yang kaya akan vitamin C, asam lemak omega-3, dan protein tanpa lemak.

“Untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda, sangat penting untuk fokus pada makanan yang mengandung vitamin C (buah jeruk dan jus, brokoli, kentang panggang, paprika, tomat, stroberi), vitamin A (ubi jalar, wortel, sayuran hijau), vitamin E. (almond), asam lemak omega-3 (ikan berlemak) dan bawang putih, jahe, kunyit. Saya juga menambahkan yogurt untuk membantu mendukung kesehatan usus,” jelasnya.   

Makanan yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah makanan yang memiliki sifat antibakteri, seperti bawang putih dan jahe. Selain itu, pilihlah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, terutama buah-buahan dan sayuran berwarna-warni. Berfokus pada konsumsi vitamin C tinggi, seperti buah jeruk, juga dapat memberikan dukungan tambahan untuk kekebalan tubuh.

Makanan laut menyediakan asam lemak omega-3, penting untuk kesehatan kekebalan tubuh, dan sumber penting protein tanpa lemak. Protein adalah kunci dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat, kata Taub-Dix kepada Medical Daily.

Pertimbangkan untuk menambahkan sup hangat yang kaya akan sayuran kaya antioksidan dan protein tanpa lemak ke dalam makanan Anda. Selain itu, sertakan teh herbal dengan khasiat yang mendukung kekebalan tubuh seperti elderberry, echinacea, kunyit, pepermin, dan kamomil.

Meskipun makanan tertentu dapat membantu melawan infeksi dengan meningkatkan kekebalan tubuh, makanan lain, seperti alkohol dan makanan tinggi gula berpotensi melemahkan sistem kekebalan tubuh.

“Jika saya harus memilih makanan apa pun, itu adalah makanan yang tinggi gula dan kurang nutrisi berharga. Alkohol juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda terutama jika alkohol menggantikan makanan dan minuman yang lebih sehat. Mungkin yang sama pentingnya adalah memikirkan untuk memiliki kebiasaan yang lebih sehat secara umum, seperti cukup tidur dan mencuci tangan secara teratur,” kata Taub-Dix.

Saat seseorang sakit, banyak istirahat dan tidur sama pentingnya dengan vitamin dan suplemen yang menunjang kekebalan tubuh.

Ia mengatakan meski pengobatan flu membutuhkan lebih dari sekadar pil, termasuk mengonsumsi cairan hangat, banyak istirahat, dan tidur malam yang nyenyak, ada beberapa suplemen yang mungkin bisa membantu mengurangi keparahan atau durasi pilek seperti vitamin C. (ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img