spot_img
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Tips Merawat Warna Rambut agar Tahan Lama

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Eksperimen dengan warna rambut bisa menjadi kegiatan yang menghibur untuk mengubah penampilan, tetapi seringkali mencuci rambut dianggap sebagai salah satu penyebab utama perubahan warna rambut yang cepat memudar.

Seperti yang dikutip dari Popsugar pada hari Kamis, tanggal 14 September, merawat rambut dengan benar adalah langkah utama untuk memastikan bahwa warna rambut Anda tetap terlihat segar. Ini termasuk memilih produk yang aman digunakan, mengetahui seberapa sering Anda perlu melakukan touch-up, dan mematuhi aturan pencucian yang tepat untuk mencegah warna rambut memudar.

- Advertisement -

Sydney Palmer, seorang spesialis pewarna rambut di Minnesota, mengklaim bahwa mencuci rambut setelah mewarnainya sendiri di rumah tidak akan mengubah warna rambut, dan bahwa ini hanyalah mitos.

Di sisi lain, Jade Kromer, seorang spesialis pewarna rambut di Minneapolis, berpendapat bahwa mencuci rambut tepat setelah mewarnainya sebenarnya bukan masalah, kecuali jika Anda mewarnai rambut di salon, di mana mungkin ada pertimbangan khusus yang perlu diperhatikan.

“Lebih fokus pada produk apa yang anda gunakan daripada kapan waktu untuk keramas,” ucap Jade.

Penjelasan dari Palmer adalah bahwa warna rambut bisa luntur setelah mencuci rambut dengan sampo, terutama jika mencuci dengan air panas. Setiap helai rambut memiliki lapisan kutikula yang melapisi rambut dan membantu menjaga warna di dalamnya.

Keramas dengan air hangat atau panas dapat membuka kutikula ini dan menyebabkan warna rambut lebih mudah luntur. Oleh karena itu, Palmer merekomendasikan mencuci rambut yang telah diwarnai dengan menggunakan air dingin untuk membantu mempertahankan warnanya lebih lama.

“Itu membuat kutikula rambut anda tetap tertutup dan warna rambut Anda tetap terperangkap di dalam helaian rambut. Air hangat membuat kutikula lebih mudah terbuka dan mengeluarkan warnanya, itulah sebabnya warnanya memudar cepat,” ucap Palmer.

Jade Kromer merekomendasikan untuk mencuci rambut yang diwarnai dengan warna seperti merah muda cerah, oranye, atau ungu sekitar seminggu sekali dan menggunakan sampo kering. Hal ini karena warna-warna cerah tersebut biasanya memerlukan proses pemutihan pada rambut, yang dapat membuat kutikula rambut menjadi lebih berpori dan rentan terhadap pemudaran saat mencuci rambut.

Sydney Palmer juga memberikan peringatan terkait dengan sampo yang mencerahkan. Meskipun sampo ini dapat membersihkan kulit kepala, mereka juga memiliki kecenderungan untuk menghilangkan warna rambut. Oleh karena itu, perlu hati-hati dalam memilih produk perawatan rambut agar sesuai dengan jenis dan warna rambut yang Anda miliki.

Beberapa merek sampo dan kondisioner di toko mungkin mengandung bahan sintetis seperti sulfat, paraben, silikon, dan bahan lain yang dapat menghilangkan warna rambut.

Tips jika anda belum ingin melakukan pewarnaan rambut, gunakan produk berkualitas untuk jenis rambut anda dan keramaslah tidak lebih dari tiga kali seminggu dengan air dingin untuk cegah rambut kusam.(ntr/mpm)

- Advertisement - Pengumuman
- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img