spot_img
spot_img

Korban Tanah Longsor

Tubuh Ahmad Amin Ditemukan

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Setelah dilakukan pencarian selama 35 jam, tubuh Ahmad Amin, 29, warga Dusun Kunci RT16 RW04, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo berhasil ditemukan dari timbunan tanah di Desa Gubukklakah, Poncokusumo, kemarin. Korban diketahui hilang pada kejadian longsor, Selasa (1/11) lalu.

Surahman, paman korban mengatakan, tubuh Amin ditemukan di sebelah Timur area yang longsor. Tubuhnya tertimbun tanah setinggi lebih satu meter. “Tubuh Amin ditemukan lima meter di bawah batasan jalan sebelah Timur yang longsor. Tidak jauh dari motor Amin yang ditemukan satu jam sebelumnya,” katanya.

Warga bersama Tim SAR yang menemukan tubuh keponakannya itu. Surahman yang ikut terlibat dalam evakuasi, menerangkan bahwa pencarian dilakukan kembali mulai pukul 05.00. Warga pun menyebar, menyisir lokasi yang longsor. Selain menggunakan alat semprot portable, mereka juga melakukan pencarian dengan peralatan manual seperti cangkul dan linggis.

“Kami menyebar, ada yang di tengah, ada yang di ujung Timur ada juga yang di ujung Barat atau di bawah batasan jalan yang longsor,” ungkap dia. Setelah 1,5 jam melakukan pencarian, atau sekitar pukul 06.30, motor korban ditemukan oleh warga. Motor tersebut ditemukan oleh Nawi, salah satu warga yang ikut melakukan pencarian.

Berita Lainnya:  Helikopter Polri Hilang Kontak di Perairan Bangka Belitung

“Pak Nawi yang ikut mencari kaget setelah tangannya menyenggol ban motor depan. Ban motor itu tertutup rumput, hanya sedikit yang terlihat,” tambahnya. Seketika itu juga Nawi berteriak kepada warga. Bersama anggota Tim SAR yang datang pun langsung melakukan penggalian di area tersebut. Sedikit demi sedikit, tanah yang menutup motor disingkirkan.

Sehingga bodi motor terlihat, dan saat itu juga langsung diangkat. Warga membawa motor tersebut ke Posko Bencana Longsor di area wisata Ledok Amprong yang berjarak sekitar 800 meter dari lokasi. Sementara pencarian terhadap korban Ahmad Amin terus dilakukan. Warga bersama Tim SAR mulai mengerucutkan pencarian di dekat motor yang ditemukan.

Berita Lainnya:  Mobil Panther Plat Merah Ringsek Usai Hantam Kereta Tangki Pertamina

Pencarian tubuh korban ini kemarin juga melibatkan Tim SAR Dog Jatim. Ada dua anjing pelacak yang diturunkan untuk melakukan pencarian. Hasilnya satu jam setelah penemuan motor, tubuh Amin akhirnya ditemukan. Hanya berjarak empat meter dari motornya. “Kami fokus penggalian di area penemuan motor, karena kami yakin tubuhnya tidak jauh dari sana,” ungkapnya.

Saat itu juga tubuh korban langsung dievakuasi. Dimasukkan kantong mayat, tubuh korban diangkat menuju posko bencana di area wisata Ledok Amprong. Kondisi jalan yang terjal tak menghalangi warga dan Tim SAR membawa tubuh korban. Bahu membahu warga membawa tubuh korban naik hingga Posko Bencana. 

Anggota Basarnas Surabaya, Ainul Makhdin mengatakan tubuh korban lebih dulu dibawa ke Posko Bencana Tanah Longsor untuk dibersihkan atau disucikan. Setelah itu jenazah dibawa ke rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga. “Proses pencarian sudah dihentikan dan dinyatakan tidak ada lagi yang harus dicari,” tutupnya. (ira/mar)



BERITA LAINNYA

Gempa 5.6 SR Guncang Cianjur

Potensi Pendapatan MCC Rp 7,3 M

Gerak Lamban Belanja APBD