spot_img
Tuesday, June 25, 2024
spot_img

Umat Budha Gelar Ritual Pradaksina di Candi Sumberawan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Malang –  Puluhan umat Budha Malang Raya merayakan Hari Raya  Waisak 2568 BE tahun 2024 di Candi Sumberawan Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang siang ini.  Perayaan dimulai dengan ritual Pradaksina pukul 13.00 WIB. Pradaksina merupakan ritual doa dan penghormatan kepada sang Budha. 

“Pradaksina kami umat Budha membentuk barisan paling depan adalah Samanera, pandita dan umat mengelilingi candi sebanyak tiga kali sebagai penghormatan kepada Sang Budha. Para Samanera dan umat melakukan Pradaksina sembari membawa bunga sedap malam dan dupa,” Kata koordinator Hari Raya Waisak 2568 BE tahun 2024 di Candi Sumberawan Yuli Wianto.

Dia menjelaskan Hari Raya Waisak merupakan  hari suci umat Buddha untuk memperingati lahirnya Siddhartha Gautama atau juga dikenal sebagai sang Buddha.

“Setelah Pradaksina, Samanera, Pandita dan umat masuk pelataran candi untuk Puja Bhakti  Dhammasanti 2568 BE yaitu pembacaan Parita, Sutta, Sutra dan mantra sesuai tradisi masing-masing majelis,” tambahnya.

Pimpinan majelis umat Budha menyalakan lilin Panca Warna sebelum melakukan Puja Bhakti.(WIDYA AMALIA/MPM)

Sebelumnya, dijelaskan Yuli  para pimpinan majelis melakukan penyalaan lilin panca warna. Yuli juga mengatakan perayaan Waisak ini diikuti tujuh majelis dari Malang Raya. “Di akhir nanti ada Dhammasanti oleh Samanera, ” Jelasnya.

Yuli juga mengatakan rangkaian perayaan hari Raya Waisak ini akan dilanjutkan pada hari Minggu (2/6) mendatang.  “Nanti akan ada ritual Fang Shang, yaitu melepaskan makhluk hidup di habitat aslinya. Ritual Fang Shang juga digelar di Candi Sumberawan,” pungkasnya.(ira/lim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img