spot_img
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang; Gandeng UEF Vietnam, Perkuat Strategi Internasionalisasi Pendidikan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) secara resmi telah menandatangani nota kesepahaman dengan Ho Chi Minh City University of Economics and Finance (UEF). Penandatanganan MoU dilaksanakan dalam acara di Kampus University of Economics and Finance (UEF) Ho Chi Minh City Vietnam, pekan lalu. Acara tersebut dihadiri oleh 44 universitas dan akademi yang tergabung dalam Asosiasi Dosen Akuntansi Indonesia (ADAI).

Pejabat kampus UEF yang hadir meliputi Mr. Do Quoc Anh sebagai Vice Chairman, Dr. Do Huu Nguyen Loc sebagai Vice President, dan sejumlah pejabat lainnya. Sementara itu, Unikama diwakili oleh Retno Wulandari, MSA., Akt, dosen dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unikama yang juga tergabung dalam organisasi ADAI.

Nota kesepahaman ini mencakup berbagai program kerjasama, seperti pertukaran dosen dan staf, penyelenggaraan kegiatan wisata lanjutan, pembelajaran keahlian dalam penelitian dan pengajaran, program pertukaran pelajar dan belajar di luar negeri, peluang kerjasama penelitian ilmiah, program kuliah bersama, serta seminar antar pihak. Kesepakatan ini memiliki fokus pada bidang akuntansi, auditing, dan keuangan.

Ketua Umum ADAI, Dr. Arfan Ikhsan Lubis menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program pertukaran dan kunjungan akademik internasional tahunan. Tujuannya adalah mewujudkan pelatihan wirausaha di bidang akuntansi, meningkatkan motivasi memulai usaha, membantu generasi muda menemukan ide bisnis, dan membimbing wirausaha dalam menyusun laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku umum (GAAP). “Pelatihan ini bertujuan untuk membantu para peserta menjadi wirausaha yang sukses dan mampu bersaing di pasar global,” jelasnya dalam kegiatan MOU Signing Ceremony.

Dosen perwakilan Unikama, Retno Wulandari, MSA., Akt, menyampaikan, penandatanganan kerjasama antara Unikama dan UEF di bidang akuntansi dan keuangan diharapkan dapat memperkuat strategi internasionalisasi pendidikan dan meningkatkan kualitas akademik, serta membuka peluang pembelajaran internasional bagi mahasiswa. “Kerjasama ini juga memperkuat hubungan pertukaran antara Unikama dan UEF dan membantu memenuhi standar akreditasi kualitas internasional,” katanya.

ADAI sendiri didirikan untuk membantu para dosen bidang akuntansi, audit, dan keuangan di Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan profesionalnya dengan negara lain. Selain itu, sekolah-sekolah yang melatih akuntansi, audit, dan keuangan di Vietnam akan memiliki banyak peluang untuk bekerja sama setelah bergabung dengan asosiasi. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img