spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang; Tebar Beasiswa, Utamakan Warga Sekitar Kampus

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG –Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) semakin menebar manfaat. Kampus Kerakyatan ini tidak henti-hentinya memberikan beasiswa. Kalau biasanya program beasiswa ini ditawarkan kepada masyarakat di luar jawa, kali ini untuk warga Malang. Terutama warga di sekitar kampus Unitri.

Kabar gembira tersebut disampaikan langsung oleh Rektor Unitri, Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc saat kegiatan Buka Bersama, Sabtu (23/3). “Ini bagian dari upaya kami menebar manfaat bagi masyarakat guna mencerdaskan generasi bangsa,” ucapnya.

Tahun ini Unitri menarget 1500 mahasiswa baru. Dan tidak tanggung-tanggung, kampus ini menyediakan 40 persen beasiswa dari seluruh kuota mahasiswa baru. Prof Eko berharap kesempatan ini tidak disia-siakan oleh warga Kota Malang, khususnya warga RW 6 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kota Malang.

Biasanya, kata Prof Eko, program ini menjadi rebutan warga di luar Jawa. Misalnya di Nusa Tenggara Timur (NTT). “Kami berpikir akan lebih baik kalau tahun ini kami menawarkan program gembira ini untuk warga sekitar kampus,” imbuhnya.

Selain diumumkan secara langsung oleh rektor, program beasiswa untuk warga sekitar kampus ini akan dilanjutkan dengan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung. Bisa oleh para dosen yang domisili di Kota Malang. Baik melalui pertemuan warga atau kegiatan kemasyarakatan.

“Hanya saja, tidak semua mau. Karena sebagian masih gengsi kalau kuliah dekat dekat rumahnya. Padahal keuntungannya sangat besar, selain kuliah dengan beasiswa, mereka tidak perlu kos dan biaya hidupnya lebih ringan,” kata dia.

Prof Eko mengatakan meskipun berdiri dengan semangat kerakyatan dan menebar beasiswa yang besar tidak mengurangi kualitas pendidikan di Unitri. Kampus ini telah membuktikan diri sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang memiliki performa terbaik.

“Maka melalui program beasiswa ini kami ingin mendorong siapapun yang ingin kuliah. Serta menjadi kiprah kami sebagai perguruan tinggi yang ikut serta membangun pendidikan warga sekitar kampus,” imbuhnya.

Ketua RW 06 Kelurahan Tlogomas Kota Malang M. Sodik menyambut gembira program ini. Dia akan segera menyampaikan kepada warganya untuk merespon tawaran dari Unitri.

“Ini kabar gembira, akan kami sampaikan.

Yang penting kita usahakan sebaik-baiknya. Daripada mereka tidak kuliah. Eman kalau tidak memanfaatkan kesempatan ini,” kata dia.

Hingga saat ini Unitri masih membuka pendaftaran mahasiswa baru. Rektor mengungkapkan progres pendaftar mahasiswa baru sangat bagus. Lebih baik dari pada Bulan Maret tahun lalu. Ini menunjukkan kepercayaan masyarakat pada Unitri semakin meningkat.

Sementara itu, kegiatan Buka Bersama Civitas Unitri berlangsung sederhana namun khidmat. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Unitri, Prof. Dr. Ir. Eko Handayanto, M.Sc, para wakil rektor, dekan, kaprodi, dosen dan sebagian mahasiswa. Unitri juga mengundang beberapa pengurus RW dan RT di sekitar kampus.

Usai sesi siraman rohani yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Roibin, M.H.I, dilanjutkan dengan takjil buka bersama. Lalu salat Maghrib berjamaah, zikir dan doa. Acara dilanjutkan dengan makan bersama.

Kegiatan Buka Bersama Civitas Unitri sudah menjadi agenda rutin setiap Bulan Ramadan. Menurutnya, ada hikmah dibalik kegiatan ini. Selain memperkuat silaturahmi antar civitas akademika, juga mempererat hubungan dengan warga sekitar kampus.

“Dari kegiatan ini silaturahmi kita semakin kuat. Kebersamaan semakin kokoh untuk sama-sama memajukan Unitri. Selain itu ilmu kita semakin bertambah dengan tausiyah yang disampaikan oleh narasumber,” ucap Rektor. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img