spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

Untuk Coblosan, Dispenduk Capil Buka Layanan Akhir Pekan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Malang membuka “layanan ekstra” di masa jelang hari pencoblosan Pemilu pada 14 Februari mendatang. Layanan perekaman e-KTP yang biasanya tidak dibuka di hari libur, dibuka untuk publik. Ini terlihat pada Sabtu (10/2) hingga kemarin Minggu (11/2) keamrin.

Perekaman e-KTP dilakukan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Merdeka di Mal Alun-alun  di dua hari libur tersebut langsung diserbu warga. Khususnya kelompok warga yang baru beranjak usia 17 tahun. Karena mereka akan menggunakan hak pilihnya kali pertama.

Kepala Dispenduk Capil Kota Malang Dahliana Lusi Ratnasari menjelaskan hal ini dilakukan karena pelayanan publik untuk administrasi kependudukan beberapa hari terakhir banyak libur karena ada tanggal merah. Dengan permintaan warga akan rekam e-KTP yang juga tinggi jelang Pemilu 2024, maka Dukcapil membuka layanan Sabtu dan Minggu, kemarin.

“Banyak yang mengurus perekaman dan cetak e-KTP. Hari ini saja (kemarin, red) yang rekam e-KTP ada 49 orang dan yang cetak e-KTP ada 59 orang,” tegas Lusi sapaannya.

Ia menjelaskan pelayanan ini juga dibuka guna memfasilitasi warga Kota Malang yang baru beranjak usia wajib identitas diri kependudukan. Terutama agar mereka bisa berpartisipasi dalam Pemilu 2024 ini. Hal ini juga disambut antusiasme warga.

Salah satu warga, Yuyun, mengatakan menggunakan kesempatan layanan ini mengantarkan anak keponakannya.

“Jadi mereka pas hari biasa sulit cari waktu untuk rekam e-KTP. Memang baru beberapa pekan lalu, dia berumur 17 tahun. Dan kemarin itu banyak libur tanggal merah. Untung buka, kami langsung datang. Dan prosesnya cepat, langsung dapat KTP,” pungkas Yuyun. (ica/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img