.
Friday, December 13, 2024

Untung Sekolah di SMK PIM, Diajarkan Business Plan Model Canvas

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Siswa SMK Putra Indonesia Malang (PIM) melalui Unit Bisnis Teaching Factory menggelar workshop pelatihan pembuatan Business Plan Model Canvas (BMC), Senin (2/10) lalu. Workshop diikuti pendidik mata pelajaran PKK, Tim Tefa dan delapan peserta didik terpilih kelas XI dan XII.

Acara ini, menghadirkan pemateri dari Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Arga Bayu Rachman. Saat membuka workshop, Kepala SMK PIM, Atik Dina Fitria, S.Pd, M.Pd. Gr mengatakan bila sekolah menghadirkan expert dari Diskopindag Kota Malang, khusus unit bisnis Tefa SMK PIM.

“Untuk sama-sama belajar dan berkolaborasi menghasilkan karya dalam bentuk BMC. Diikuti guru mata pelajaran PKK, tim Tefa dan delapan peserta didik terpilih yang telah direkomendasikan oleh guru,” jelas Kepala SMK pelopor Teknik Kimia Industri dan Farmasi Industri di Kota Malang itu.

Lebih lanjut Atik, sapaannya memaparkan bahwa pelatihan ini memujudkan salah satu program pusat keunggulan, serta program kewirausahaan bagi guru dan peserta didik Dalam mengembangkan bisnis secara realistis yang dapat diterapkan di unit usaha.

“BMC dikenalkan di jenjang kelas XI konsentrasi Keahlian Teknik Kimia Industri dan Farmasi Industri. Busines plan model canvas lebih ringkas langsung menuju poinnya sehingga mudah digunakan untuk merencanakan usaha, aplikasi, pencapaian target dan pelaporan,” terangnya.

Arga Bayu Rachman, Penyuluh Perindustrian Diskopindag Kota Malang menjelaskan BMC merupakan sebuah strategi manajemen yang disusun untuk menjabarkan ide dan juga konsep sebuah bisnis ke dalam bentuk visual. Secara sederhana, definisi Business Plan Model Canvas yaitu kerangka manajemen untuk mempermudah dalam melihat gambaran ide bisnis dan juga realisasinya secara cepat.

“BMC terdiri dari sembilan elemen bisnis yang ditampilkan dalam visualisasi yang jelas, mudah dipahami, logis, dan saling berkaitan,” jelasnya Lebih lanjut Arga memaparkan sembilan aspek yang terdapat di BMC Key Activities (aktivitas utama), Key Resources (sumber daya utama), Key Partners (mitra utama), Value Proposition (keunggulan nilai), Customer Relationships (kerjasama dengan pelanggan), Customers (pelanggan), Costs (biaya), Channels (saluran), dan Revenue Stream (pemasukan/penghasilan). (mar)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img