spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Usai Ganjar,  Giliran Putra Jokowi dan Prabowo Kampanye di Malang

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA- Dua calon presiden, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto betul-betul garap Malang Raya. Setelah Ganjar Pranowo kampanye di Lapangan Kedungkandang Kota Malang, Selasa (30/1) kemarin, selanjutnya Prabowo Subianto yang akan kampanye di Stadion Gajayana, Kamis (1/2) besok. Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep juga dijadwalkan kampanye di Kota Malang.

Calon Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo menyapa warga Kota Malang di tengah hujan yang mengguyur deras. Warga yang menggelar 1.000 Bantengan bertahan di tengah hujan.

“Bapak Ibu saudar-saudaraku, saya terharu, tapi pada saat yang sama, Malang bikin darah kita mendidih. Malang membuat kita semangat tidak pernah luntur. Hujan bukan halangan,” ucap  Ganjar menyapa ratusan warga yang hadir di tengah hujan deras.

Ia mengatakan jika semangat warga seperti di Kota Malang inilah yang membuatnya yakin bisa menjemput kemenangan dalam kontestasi Pilpres 2024. Mantan Gubernur Jawa Tengah ini  mengatakan seluruh program yang  dia siapkan berkaitan erat dengan pendidikan. Seperti memastikan agar anak anak di Kota Malang bisa mengeyam pendidikan sekolah tinggi.

“Agar jika dalam satu keluarga miskin satu anak harus ada yang bisa jadi sarjana. Ibu dan balita dapatkan layanan kesehatan yang baik. Agar perempuan berdaya setara dengan laki-laki. Program itu membuat kita makin yakin, itu akan kita wujudkan karena kekuatan yang ada di Kota Malang seperti ini,” tegas Ganjar.

Ia kemudian menyampaikan bahwa semangat warga di Malang Raya sangat luar biasa. Ganjar menyampaikan apresiasinya yang tinggi dan memperlihatkan militansi yang kuat.

Selain memberikan semangat, ia juga mengundang warga naik di atas panggung untuk simulasi pencoblosan. Ganjar juga menyampaikan agar seluruh warga tetap menjaga kondusivitas jelang hari pencoblosan dan meminta seluruh aparat penegak hukum dan jajaran pemerintah daerah tetap bersikap netral.

“Mudah-mudahan seluruh aparatur agar bisa bersikap netral dan biarkan para kontestan bermain dengan yang ada. Dan para pendukung bisa bebas. Itulah pemilu yang bisa jujur dan adil,” pungkas dia.

Ketua PDI Perjuangan Kota Malang I Made Riandiana Kartika SE MM menyampaikan terima kasih kepada Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan warga Kota Malang. Sebab hujan deras yang mengguyur Kota Malang saat kampanye terbuka, kemarin  sore di Lapangan Kedungkandang tak menyurutkan antusiasme saat pelaksanaan kampanye.

“Ayo kita semua rapatkan barisan. Buktikan bahwa soliditas dan loyalitas untuk memenangkan Pemilu 2024 sudah menjadi militansi kolektif warga Kota Malang. Semangat sore ini kita buktikan saat  14 Februari nanti, kita kawal kemenangan!” ajak Made yang juga Ketua DPRD Kota Malang ini.

Sementara itu Calon Presiden Prabowo Subianto dijadwalkan hadir secara langsung dalam kampanye akbar di Stadion Gajayana, Kamis (1/2) besok. Selain Prabowo, diagendakan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga bakal mendampingi Prabowo secara langsung. Hal ini disampaikan Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Malang, Achmad Anang Fatoni, Selasa (30/1) kemarin.

“Pak Prabowo 99 persen akan hadir, teman teman panitia sudah koordinasi dengan TKN, dan TKD juga sudah mempersiapkan timnya yang akan datang ke Gajayana,” ungkap Anang.

Kampanye akbar tersebut rencananya diisi dengan beberapa kegiatan. Jika cuaca cerah dan mendukung, kampanye akbar yang digelar oleh Partai Demokrat ini akan menghadirkan suguhan terjun payung free fall. Namun jika cuaca kurang mendukung, sudah disiapkan antisipasi berupa hiburan marching band.

“Penerjunnya nanti membawa bendera besar yang nantinya akan diserahkan kepada pak Prabowo dan satu lagi ke AHY. Kemudian selanjutnya ada orasi dari pak Prabowo, pak SBY dan AHY,” sebutnya.

Diperkirakan Anang, kampanye akbar ini bakal dihadiri sekitar 40 ribu orang. Bahkan, berdasarkan pendaftaran terakhir kemarin, jumlah peserta yang hadir sudah mencapai 45 ribu orang. Anang menyebut, pihaknya memang mempersilakan dari parpol koalisi untuk ikut hadir dan bergabung dalam kesempatan tersebut.

“Tapi perlu digarisbawahi, ini gawe Demokrat. Teman-teman partai lain kami persilakan datang tapi nanti pakai atribut Prabowo, bukan atribut partai lain. Kami utamakan memang kader dulu,” tambahnya.

Selain Prabowo, pada pagi harinya PSI Kota Malang juga diagendakan menggelar kampanye besar. Sesuai flyer yang beredar, dijadwalkan Ketum PSI Kaesang Pangarep bakal hadir pada kampanye tersebut. Hal ini dibenarkan oleh Ketua DPD PSI Kota Malang Achmad Faried.

“Iya rencananya mas Kaesang hadir. Tapi ini nanti malam (kemarin, red) rencananya kami ada rapat untuk memastikannya lagi,” tutupnya.  

Rencana Kabupaten Malang  menjadi rute kampanye Capres Prabowo Subianto  melibatkan massa luas di sudah dijadwalkan. Yakni dimungkinkan untuk hadir pada awal Februari nanti. Tim pemenangan Prabowo Gibran itu masih menunggu hasil kajian prioritas daerah jujugan kampanye akbar.

Disampaikan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang Chusni Mubarak, kampanye Prabowo Subianto  selalu dibanjiri banyak simpatisan. Dari awal kampanye dilakukan potensi perolehan suara di Kabupaten Malang sudah dinilai unggul. Kondisi tersebut juga menjadi pertimbangan ada tidaknya kebutuhan untuk digelar kampanye berskala besar.

“Kampanye akbar sudah kita ajukan. Apakah nanti akan jadi satu tarikan rute di Kabupaten Malang atau gimana yang penting Kabupaten Malang siap,” jelas Chusni Mubarak saat dihubungi Malang Posco Media, kemarin.

“Karena berdasarkan kajian tim litbang Bapilu kami paslon 02 sudah unggul di Malang, tapi tetap akan maksimalkan kita kejar untuk tidak sekadar menang tapi menang telak,” tambahnya.

Mengenai jadwal yang memungkinkan dilakukan kampanye akbar, Chusni menyebut dua kali pada sisa waktu kampanye terbuka di awal Februari. Terkait tanggal pasti, dirinya belum bisa memperkirakan. Sebab, masih dilakukan pengukuran skala prioritas.

“Alasan khususnya bisa karena daerah tersebut adalah daerah dengan DPT besar, daerah dengan secara survei yang masih menang tipis dan memang butuh digenjot dengan kedatangan paslon untuk menaikkan elektabilitas,” urainya.

Beberapa kriteria kajian strategis situasi politik, kata Chusni, juga berperan menentukan siapa yang akan dihadirkan dalam kampanye rapat terbuka. Baik itu paslon Prabowo  maupun  Gibran, hanya salah satu calon, atau tokoh publik seperti Khofifah Indar Parawansa dan tokoh lain. Terkait dengan konsep, sambungnya, akan lebih pada rapat umum untuk kampanye. “Secara strategis siap didatangi. Kalau kepastian tetap mengacu keputusan Bapilu di Jawa Timur. Karena kemungkinan paslon akan rutin ke Jawa Timur,” tutup Chusni.

Sementara itu untuk Kota Batu tidak ada jadwal kampanye Prabowo Subianto. Hal itu disampaikan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Batu, Heli Suyanto. Ia mengatakan bahwa belum ada agenda kedatangan Capres Prabowo dan Cawapres Gibran ke Kota Batu. “Kami belum bisa pastikan. Sementara ini belum ada agenda. Jika ada jadwal pasti akan kami sosialisasikan terlebih dahulu,” jelas Heli. 

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batu, Punjul Santoso. Ia mengatakan tidak ada agenda kampanye Capres Ganjar dan Cawapres Mahfud MD ke Kota Batu. “Tidak ada jadwal ke Kota Batu. Hanya di Kota Malang saja hari ini (kemarin.red). Tapi tidak menutup kemungkinan diagendakan kampanye di Kota Batu,” pungkasnya. (ica/ian/tyo/eri/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img