spot_img
Wednesday, June 19, 2024
spot_img

VAR Sukses Diterapkan di Liga 1, Inilah Faktor Penyebabnya

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Komunikasi intens dengan FIFA menjadi salah satu kunci sukses penerapan Virtual Assistant Referee (VAR) pada Championship Series Liga 1 Indonesia. Hal ini ditegaskan Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Asep Saputra di Jakarta hari Selasa ini.

Dikutip dari laman resmi Liga Indonesia, Asep menjelaskan komunikasi intensif tersebut diawali dengan persiapan dan pelatihan yang didampingi langsung oleh FIFA, hingga uji coba teknologi VAR yang dievaluasi oleh FIFA.”Pada proses itu, FIFA menunjukkan hasil evaluasi hingga mengirimkan ke kami proses persetujuan akhir dalam bentuk approval pada platform FIFA. Persetujuan akhir itulah yang menjadi dasar VAR bisa diterapkan pada babak Championship Series Liga 1 2023/24,” jelas Asep.

Diketahui persiapan dan pelatihan semua perangkat pertandingan telah dimulai sejak Juli 2023 hingga Maret 2024. Lebih dari itu, FIFA juga telah menyetujui perangkat yang bertugas pada pertandingan yang menggunakan VAR pada awal Mei 2024.

Pada perkembangannya, pada setiap proses penerapan VAR di babak Champhionship Series Liga 1 2023/24, FIFA selalu memantau dan melakukan evaluasi, dalam hal ini, setiap detail proses, harus dilaporkan ke FIFA.Sejauh ini VAR telah diimplementasikan pada empat pertandingan semifinal babak Championship Series Liga 1 Indonesia 2023/24.

Keempat laga tersebut adalah Bali United FC versus Persib Bandung (14/5), Madura United FC kontra Borneo FC Samarinda (15/5), Persib Bandung vs Bali United FC (18/5) serta Borneo FC Samarinda vs Madura United FC (19/5).Menurut Asep, bahwa implementasi VAR pada empat laga tersebut telah berjalan lancar dan penggunaannya akan kembali dilanjutkan pada pertandingan final dan perebutan tempat ketiga Championship Series Liga 1 Indonesia 2023/24.

“Semua berjalan sesuai dengan yang sudah kami rencanakan. Mulai dari koordinasi dengan FIFA, pengiriman mobil VAR ke empat kota, komunikasi dengan broadcast, proses kalibrasi pada empat jam sebelum kick off, sampai dengan penerapan VAR pada match day. Selanjutnya, kami akan melakukan hal yang sama untuk 4 pertandingan sisa berikutnya,” kata Asep. (ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img