spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Wabup Buka Jambore Pramuka di Bumi Perkemahan Coban Rondo

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG– Jambore Pramuka digelar di Bumi Perkemahan Coban Rondo Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Senin (28/8) pagi kegiatan dibuka Wakil Bupati Malang H Didik Gatot Subroto. Dalam sambutannya, Didik mewakili Bupati Malang HM  Sanusi tidak sekadar memberikan apresiasi kepada seluruh peserta yang meliputi tingkat Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega perwakilan sekolah SD/MI/SMP/MTS se Kabupaten Malang. Tapi orang nomor dua di Pemerintah Kabupaten Malang juga mengajak seluruh anggota Pramuka mewujudkan makna dari kata Praja Muda Karana. Yaitu dengan berkarya, produktivitas dan kreativitas.

Jambore Pramuka tersebut merupakan kegiatan yang digelar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Malang. Dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke 62 tahun 2023. “Jambore ini bukan sekadar ajang berkumpulnya adik-adik Pramuka dari semua tingkatan. Tapi menjadi ajang memperluas wawasan, sehingga adik-adik Pramuka bagi dapat meng-upgrade kemampuan diri maupun kelompok dalam berkarya,’’ ungkapnya.

- Advertisement -

Dia juga menguraikan, anggota Pramuka harus tangguh. Melalui Gerakan Pramuka, para anggota Pramuka harus bisa menunjukkan sebagai prirbadi yang berdaya saing. Terlebih di era perkembangan zaman yang begitu modern. “Dari gerakan Pramuka ini diharapkan mampu melahirkan bibit-bibit unggul yang akan membawa perubahan sehingga mampu menuntun semua pada kemajuan bangsa,’’ tambahnya.

Di usia ke-62 tahun ini, Didik meminta seluruh anggota Pramuka untuk menjadikan itu sebagai tonggak yang menandakan kematangan Gerakan Pramuka. Begitupun jiwa-jiwa muda yang ada di dalamnya, agar senantiasa bergerak secara responsive sebagaimana alur dan dinamika perkembangan zaman.

“Sebagai patriot dan pandu bangsa, saya mendorong Saudara sekalian untuk terus merawat harmoni persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Malang, kita perkokoh pilar-pilar pembangunan dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian,” urainya.

Didik juga menekankan kepada para anggota Gerakan Pramuka, agar mampu membangun rasa kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Selain itu berkontribusi terhadap kehidupan masyarakat. “Saya berharap melalui kegiatan ini lahirlah generasi penerus bangsa yang cerdas, bertakwa, berakhlak mulia dan berkarakter kebangsaan. Gerakan Pramuka, harus adaptif dan terus melakukan pembaharuan serta pembinaan terhadap anggotanyam,’’ tambahnya.

Didik mengajak para anggota Pramuka mengoptimalkan gerakan Pramuka. Dengan cara-cara kekinian yang efektif untuk membangkitkan rasa cinta Tanah Air dan bangsa kepada seluruh generasi Pramuka Indonesia.

“Lakukan perbaikan dengan mengisi ruang-ruang pembangunan melalui berbagai terobosan pengembangan kapasitas diri guna membawa Indonesia dan Kabupaten Malang yang maju. Jadilah wadah pengembangan diri untuk seluruh rentang usia, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa,’ tandasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Malang, Hj. Jajuk Rendra Kresna, SE. MM dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Dr Suwadji, dan sejumlah tokoh Pramuka Kabupaten Malang. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati tidak sekadar menyapa, tapi juga meninjau area perkemahan para anggota Pramuka. Pembukaan jambore ditandai dengan pemasangan tanda jambore kepada salah satu anggota. (ira/udi)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img