spot_img
Monday, July 15, 2024
spot_img

Wajib Berinovasi

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Dalam mengembangkan usaha, memberikan yang terbaik bagi para pelanggan adalah kewajiban. Itulah yang terus dilakukan oleh Ismiati Solihan, owner dari Bolen Malang. Service pelanggan menjadi hal yang terus dilakukan untuk menjaring pelanggan-pelanggannya.

Baginya, kepuasan pelanggan akan memberikan keberlangsungan usaha menjadi lebih panjang. Usaha tanpa konsumen tentunya menjadi hal yang mustahil bagi suatu bisnis dapat terus berkembang dan berjalan dengan baik.

“Dalam berwirausaha, diusahakan untuk bisa memberikan service terbaik bagi para konsumen. Melalui pengalaman pelayanan yang baik, maka kenyamanan akan muncul. Dari sana kita bisa mengumpulkan konsumen-konsumen agar tetap setia dengan produk kami,” terangnya.

Di dunia yang serba canggih, tentu dalam mengembangkan usaha juga harus selaras dengan perkembangan zaman. Ismi memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk-produknya. Itu juga yang memberikan perubahan dan dampak yang cukup besar.

“Pandemi memberikan perubahan di segala lini. Termasuk juga harus bisa beradaptasi dengan keadaan yang baru. Tak mau ketinggalan, saya juga menggunakan ini untuk mengupgrade diri selangkah lebih maju. Kami memaksimalkan pemanfaatan media sosial untuk pemasaran,” jelasnya.

Pemanfaatan media sosial secara maksimal memberikan dampak yang cukup signifikan. Salah satu keuntungannya yakni daya jangkau yang lebih luas dibandingkan dengan pemasaran secara offline. Hal itu juga yang membuat produknya diminati sampai ke mancanegara.

“Dari sana mulai muncul banyak konsumen-konsumen mancanegara yang ingin menikmati produk kami. Ada reseller yang berdomisili di luar memasarkan produk kami disana. Kuncinya adalah inovasi yang tiada henti,” imbuhnya.

Ia sendiri mendirikan usahanya sejak 2018. Bukan tanpa halangan, tentu saja banyak sekali rintangan yang dihadapi. Namun berkat inovasi dan konsistennya untuk dapat menghasilkan produk terbaik, kini pemasaran produk sudah mencapai pasar internasional.

“Tidak berhenti untuk berinovasi itu kewajiban mutlak. Karena dari inovasi itu akan menghasilkan produk yang baik dari yang terbaik. Melalui inovasi, kita bisa menilai, mana kekurangan, mana yang harus ditambah dan dikurang,” tandasnya. (adm/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img