spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Wajib Diketahui, inilah Lima Tanda Seseorang Kekurangan Vitamin D

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Sinar matahari adalah salah satu sumber terkuat vitamin D. Dan, karena tidak terlalu banyak sumber makanan yang mengandung vitamin ini, maka biasanya tidak sedikit orang mengalami kekurangan vitamin D.

Demikian diungkapkan ahli Diet asal Amerika Serikat, Amy Goodson dan Lauren Manaker.

Ditambahkan, vitamin D atau yang juga sering disebut vitamin “sinar matahari” sangat terkait dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, energi yang seimbang, dan kesehatan kognitif.

Meski perlu memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter, setidaknya ada lima tanda yang dapat dicirikan sebagai orang yang kekurangan vitamin D.

  1. Sering sakit

Kedua ahli diet tersebut mengatakan bahwa Vitamin D sangat penting dalam membantu sistem kekebalan tubuh, dan Vitamin D membekali tubuh untuk melawan virus dan bakteri secara efektif.

Namun karena dukungan vitamin D dalam kesehatan sistem kekebalan tubuh tidak cukup, maka seseorang akan lebih sering jatuh sakit.

  1. Sering merasa lelah

Tanda lain bahwa seseorang tidak mendapatkan cukup vitamin D yakni mengalami kelelahan dan keletihan yang konsisten. Ini karena vitamin D terlibat dalam produksi energi dalam tubuh, kata Goodson.

Hal ini berbeda dengan kelelahan akibat jadwal yang padat atau tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Manaker mengatakan bahwa jika kekurangan vitamin D, ia mungkin akan merasa lelah secara konsisten atau kesulitan menjalani hari karena kekurangan energi meskipun sudah beristirahat dengan cukup.

  1. Nyeri otot

Jika mengalami nyeri otot yang tidak terkait dengan rutinitas olahraga, atau perasaan lemas yang konsisten, hal ini mungkin terkait dengan kekurangan vitamin D.

“Vitamin D penting untuk fungsi otot, dan tingkat yang tidak memadai dapat menyebabkan nyeri otot dan kelemahan,” kata Goodson.

  1. Kesehatan tulang terpengaruh

“Vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium, yang sangat penting untuk menjaga tulang yang kuat dan sehat,” kata Goodson.

Karena peran ini, kekurangan vitamin D dapat berdampak negatif pada kesehatan tulang. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang, yang dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap patah tulang dan cedera.

“Seiring dengan potensi cedera yang lebih besar, Anda mungkin juga mengalami rasa sakit yang lebih konsisten. Kekurangan vitamin D juga dapat menyebabkan nyeri tulang dan punggung, dan pada kasus yang parah, bahkan dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis,” Goodson menambahkan.(ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img