MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Mengawali tahun 2023, Wali Kota Malang Sutiaji memantapkan visi tahun kelima Kota Malang Bermartabat yakni Peningkatan akses dan kualitas layanan dasar. Karena itu, Rabu (4/1) kemarin, Sutiaji mengecek langsung layanan publik di Kelurahan Tunggulwulung dan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru.
Ia melihat kualitas layanan, presensi ASN hingga sarana prasarana yang ada. Menurutnya peningkatan kualitas dan mutu kerja di sepanjang tahun ini akan terus dimaksimalkan. Ia akan lebih intens menyoroti kualitas pelayanan yang harus terus ditingkatkan demi terciptanya kepuasan masyarakat.
“Tahun ini semua pelayanan memang harus ditingkatkan. Ada permasalahan apa di tingkat kelurahan harus cepat diselesaikan. Dan ini kami datang, ingin tahu apa-apa saja kendalanya yang dihadapi,” kata Sutiaji.
Ditegaskannya, kedatangannya mengunjungi kantor kelurahan untuk mengecek pelayanan dan mencari solusi langsung terhadap permasalahan yang ada. Salah satunya masalah fasilitas, baik fasilitas umum maupun masalah fasilitas di perangkat wilayah kelurahan yang disambangi.
“Ada beberapa yang butuh perbaikan dan peningkatan. Yang darurat akan segera dibenahi. Apa yang dibutuhkan warga dicatat,” tegas Sutiaji.
Ia juga melakukan pengecekan internal aparatur di kelurahan seperti absensi dan sarana prasarana kantor. Dia akan melakukan monitoring pada seluruh pejabat struktural yang ada di kelurahan ini untuk masing-masing dapat memaparkan fungsi, rencana kerja dan progres kinerjanya. Agar seluruh pejabat struktural dapat tetap fokus untuk mencapai target kinerjanya. Peningkatan kinerja di tahun ini menjadi target kita bersama agar Kota Malang dapat menjadi kota yang bermartabat sesuai visi misi yang telah ditetapkan.
Selain melakukan pengecekan kualitas layanan dan sarpras, Sutiaji juga melihat kondisi masyarakat sekitar. Khususnya terkait dengan posyandu, bayi gizi buruk (stunting), serta perhatian khusus kepada penderita disabilitas. Harapannya masyarakat bisa benar-benar terlayani dari berbagai aspek sebagai bentuk komitmen visi misi yang sudah di tetapkan.
“Sidak ini akan kita lakukan secara ajeg di semua perangkat daerah secara bergiliran untuk memotivasi ASN di lingkungan Pemkot Malang agar dapat terus berinovasi dalam rangka peningkatan kinerja,” pungkasnya. (ica/aim)