spot_img
Thursday, May 23, 2024
spot_img

Wapres AS Dukung ASEAN, Janji Tekan Junta Myanmar

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris angkat bicara tentang masalah yang terjadi di ASEAN. Wakil Joe Biden itu menegaskan tentang penanganan  krisis Myanmar. Kamala Harris secara khusus datang ke KTT ke 43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9) kemarin siang. Begitu tiba, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut ramah. 

Harris hadir dalam forum ini karena dalam rangkaian KTT ke 43 ASEAN terdapat agenda KTT ke-11 ASEAN-US yang juga diselenggarakan di Ruang Cendrawasih 3, JCC. Harris  pun diberi kesempatan berbicara dalam rapat yang dipimpin Presiden Jokowi itu.

Dia mengatakan, AS mendukung upaya ASEAN menangani krisis Myanmar. “Kami akan terus mendukung lima poin  Konsensus ASEAN,” tegasnya. Dia menegaskan, Washington akan mempertahankan tekanan terhadap junta Myanmar. “AS akan terus menekan rezim (junta) untuk mengakhiri kekerasan yang mengerikan tersebut dan membebaskan semua orang yang ditahan secara tidak adil serta membangun kembali jalan Myanmar menuju demokrasi inklusif,” ujar Harris.

Pada KTT yang turut dihadiri Perdana Menteri RTT Li Qiang tersebut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa China adalah mitra dialog ASEAN yang strategis. Pada 2023, hubungan negara-negara ASEAN dengan RRT memasuki 20 tahun dan telah dituangkan dalam Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama.

“Kita harus menerjemahkan semua ini dengan kerja sama konkret yang saling menguntungkan. Hal tersebut hanya bisa dilakukan jika kita percaya satu sama lain yang tentu saja harus dibangun dan dipelihara oleh semua pihak,” kata Presiden Jokowi.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menekankan, rasa saling percaya akan menjadi kekuatan yang positif bagi ASEAN dan China dalam menjaga dan menciptakan stabilitas dan perdamaian regional.

Presiden Jokowi memimpin seluruh rangkaian pertemuan pada hari kedua rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di JCC kemarin. Presiden Jokowi memimpin KTT ke 26 ASEAN-China yang diikuti oleh para pemimpin negara ASEAN bersama dengan Li Qiang.

Kemudian Presiden Jokowi juga memimpin KTT ke 24 ASEAN-Republik Korea yang juga dihadiri oleh Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol dan KTT ke 26 ASEAN-Jepang bersama Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

Selain itu, Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin.

Selanjutnya, KTT ASEAN-Kanada dihadiri oleh para pemimpin negara ASEAN dengan PM Kanada Justin Trudeau.

Sementara itu tadi malam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama para pemimpin negara dan pendamping  menghadiri jamuan santap malam di Hutan Kota GBK Senayan.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin terlihat hadir bersama istri dalam jamuan makan malam tersebut. Ketua DPR RI Puan Maharani, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla juga terlihat hadir dalam acara tersebut.(van/lim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img