.
Saturday, December 14, 2024

Webinar PIJI-Unitri Tantang Bikin Game Jadi Media Promosi

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – PT Meta Semesta Pariwara melalui project Aplikasi PIJI dan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang (Unitri) menyelenggarakan webinar bertajuk ‘Serunya Bikin Game jadi Media Promosi, Jumat (26/1). Acara ini dilakukan secara virtual melalui platform Zoom dengan mayoritas peserta dari kalangan akademisi, termasuk pelajar SMA, SMK serta mahasiswa baik dari dalam maupun luar wilayah Malang.

Webinar ini turut mengundang Wakil Rektor 3 dari Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Dr Erwin Wisnubroto, SP., M.Phill, Founder dan CEO PIJI, Mutia Rachmi, selaku yang diundang sebagai salah satu pembicara, sekaligus meresmikan pembukaan acara tersebut. Pembicara ternama di bidang pengembangan game turut memeriahkan webinar tersebut, menghadirkan Moch Izzul Fikri Hidayah, CEO GingerSun Games Studio, Verdinandus Vedri sebagai perwakilan mahasiswa magang mandiri dari PIJI X UNITRI.

Moch Izzul Fikri Hidayah memberikan wawasan tentang dunia pengembangan game yang sangat menarik. Ia juga memberikan panduan tentang aspek kreatif dan teknis dalam pengembangan video game, mulai dari konseptualisasi hingga peluncuran.

Verdinandus Vedri sebagai perwakilan Mahasiswa Intern turut berpartisi dan menjelaskan proses pembelajaran yang diperoleh dalam program ini. Melalui program ini Verdi ingin memberikan motivasi bahwa siapapun bisa membangun karir di Industri game melalui usaha yang maksimal serta bimbingan yang tepat.

Pada sesi terakhir Mutia Rachmi memaparkan betapa besarnya kontribusi ekonomi industri game. “Berdasarkan data yang diperoleh dari situs Indonesia Game Rating System (IGRS), jumlah pemain game secara global diperkirakan menembus 2,7 miliar orang pada tahun 2021, dan kini sudah bertambah lebih dari 400 juta pemain pada akhir 2023 lalu. Namun baru tercatat 350 game developer Indonesia yang terdiri dari 85 developer lokal dan 265 developer asing. Artinya masih terbuka luas peluang game developer untuk menjaring potensi pasar di Indonesia,” terangnya.

Ia juga membahas bagaimana aplikasi PIJI ini dapat berperan menjadi penjembatan kreativitas game developer, baik itu yang sudah berbentuk perusahaan atau bahkan individu. “Diharapkan mereka dapat memanfaatkan platform ini untuk bertemu dengan potensial client, dan membawa kreatifitas baru dibidang promosi,” sambungnya.

Ia memaparkan dan mengundang timnya untuk mendemonstrasikan aplikasi PIJI, menjelaskan bahwa PIJI merupakan platform advergaming, yakini metode promosi bisnis dengan memanfaatkan video game. Keunikan dari aplikasi ini adalah, pengguna tidak saja dapat bermain game milik sebuah perusahaan, tetapi pengguna juga dapat menukarkan score perolehan dengan program loyalitas seperti discount hingga cash back, dengan ketentuan yang tertera. (*/nda)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img