spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Wisuda Tahun Ajaran 2023-2024 MAN 2 Kota Malang; Prestasi Mendunia, Jadi Duta Internasional

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang, memang layak menyandang madrasah atau sekolah unggul nasional maupun internasional. Setiap tahun madrasah di Jalan Bandung ini selalu melahirkan lulusan yang membanggakan. Itu tidak lepas dari prestasi mereka yang begitu mengagumkan. Pun lulusan tahun ini.


Kepala MAN 2 Kota Malang, Dr. H. Samsudin, M.Pd mengungkapkan rasa syukurnya. Anak didiknya tidak berhenti mengukir prestasi di level dunia. Dan angkatan siswa yang lulusan tahun ini, termasuk yang produktif mengukir prestasi.


“Alhamdulillah tahun ini anak-anak lulus dengan prestasi yang gemilang. Program pengembangan diri dan prestasi madrasah banyak disumbangkan. Membuat guru dan orang tua bangga pada mereka,” ucap Samsudin kepada Malang Posco Media.

Dr. Samsudin, M.Pd


Kamis (13/6) hari ini, sebanyak 407 siswa kelas XII akan diwisuda sebagai lulusan Tahun Ajaran 2023-2024. Dari Program MIPA sebanyak 280 siswa, Program IPS 71 siswa, Program Bahasa 24 siswa dan Program Agama 32 siswa. Acara wisuda akan digelar di Graha Cakrawala UM. Dihadiri oleh Pejabat Kantor Kementerian Agama Kota Malang dan orang tua lulusan.

BANGGA: Kepala Kantor Kemenag Kota Malang Achmad Shampton, S.HI, M.Ag, Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Malang Abdul Mughni, S.Ag., M.Pd., dan Kepala MAN 2 Kota Malang, Dr. Samsudin, M.Pd bersama siswi-siswi berprestasi.


Samsudin mengungkapkan, diantara prestasi hebat yang diukir lulusan tahun ini adalah menjadi Duta Indonesia dalam ajang kompetisi Internasional. Ada beberapa siswa yang berkompetisi di bidang akademik dan non akademik. Mereka bersaing dengan pelajar yang juga menjadi delegasi negaranya masing-masing.


Duta Indonesia dari MAN 2 Kota Malang, antara lain Ayman Al Gifary menjadi delegasi Indonesia di ajang International Chemistry Olympiad (IChO) di Riyadh Arab Saudi, Muhamad Zaidan Naja di ajang Asia Physics Olympiad di Kampar Malaysia, Adika Rasendriya Arya Putra di ajang International Physics Olympiad (IPhO) di Isfahan Iran dan Ammaara Shifa Andini di ajang International Earth Science Olympiad (IESO) di Kota Beijing China.


Selain itu, siswa MAN 2 Kota Malang, juga menjadi Duta Indonesia dalam program Pertukaran Pelajar ke Amerika. Dia adalah Faizal Cahya, menjadi delegasi Indonesia dalam program student exchange di Negara bagian Wyoming Kota La Barge, Amerika.


“Kami bangga sekali pada lulusan tahun ini, terutama kepada mereka yang telah menjadi duta-duta internasional di berbagai ajang kompetisi maupun pertukaran pelajar,” ucap Samsudin.


Dia menjelaskan, prestasi hebat yang telah diukir siswa MAN 2 Kota Malang merupakan hasil dari ikhtiar besar. Hasil kolaborasi yang bagus antara guru, siswa dan orang tua. Semangat siswa dalam belajar dengan bimbingan guru yang kompeten telah membuahkan hasil terbaik. Apalagi ditambah dukungan orang tua yang selalu mensupport program-program madrasah.


“Inilah kunci keberhasilannya. Sehingga visi misi madrasah dalam mewujudkan lulusan yang unggul dalam akademik maupun non akademik serta berakhlak mulia dapat tercapai,” terangnya.
Menurutnya, yang tidak kalah membanggakan MAN 2 Kota Malang menjadi peraih prestasi terbanyak dari seluruh madrasah maupun sekolah di Indonesia. Bahkan terbanyak dari Perguruan Tinggi sekali pun.


Setidaknya dalam Tahun Ajaran 2023-2024 tercatat ada 781 prestasi. Sebanyak 397 prestasi akademik dan 384 prestasi non akademik.


“Ini sebuah kebanggaan luar biasa, siswa angkatan yang lulus tahun ini penyumbang prestasi terbanyak di Indonesia dan tercatat dalam Pusat Prestasi Nasional di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Ristek Dikti,” ungkapnya.


Dengan prestasi yang begitu gemilang ini, Samsudin tidak lupa mengingatkan para lulusan. Bahwa akhlakul karimah lebih utama. Ciri khas siswa madrasah hendaknya tetap dipertahankan.


“Selama tiga tahun guru telah memberikan bekal terbaik. Baik pengetahuan umum, agama maupun keterampilan yang mendukung kompetensi mereka. Semoga para lulusan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya sesuai yang diinginkan,” harapnya. (imm/sir/udi)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img