spot_img
Monday, June 17, 2024
spot_img

XL Axiata Operator Terbaik Untuk Kecepatan Unduh

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berupaya meningkatkan kualitas jaringan data guna mengimbangi peningkatan trafik dari tahun ke tahun. Untuk memastikan kebutuhan jaringan berkualitas terpenuhi di tahun 2022 ini, XL Axiata menetapkan fokus pembangunan jaringan yaitu meningkatkan kapasitas, efisiensi, serta optimasi.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, inisiatif dan upaya yang dilakukan dalam hal peningkatan kapasitas jaringan, efisiensi dan optimisasi jaringan tersebut mencakup radio, transport dan core. Termasuk melakukan fiberisasi dan implementasi teknologi-teknologi baru. Juga penataan ulang teknologi 3G ke 4G untuk meningkatkan kecepatan unduh jaringan XL Axiata.

“Berbagai inisiatif dan upaya peningkatan kualitas jaringan yang dilakukan dapat mendukung kebutuhan gaya hidup digital masyarakat Indonesia terus meningkat. Pengalaman digital yang andal menjadi salah satu kebutuhan utama seperti kecepatan akses internet, kualitas sinyal di dalam ruangan, hingga koneksi saat main gim atau mengakses konten hiburan,” ungkap I Gede.

Gede menambahkan, hasil survey OpenSignal per Semester 1 2022 belum lama ini, menempatkan XL Axiata sebagai operator terbaik pada kategori Kecepatan unduh (Download Speed Experience) dan Pengalaman menonton dan streaming video (Video Experience). Ini menjadi bukti atas upaya keras XL Axiata dalam mengimplementasi berbagai inisiatif dan meningkatkan kualitas jaringan di tahun ini.

Hasil survey yang dilakukan secara berkala tersebut juga menunjukkan bahwa langkah yang dilakukan XL Axiata untuk menghadirkan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan sudah efektif. Hasil survey OpenSignal tersebut, XL Axiata memiliki kecepatan unduh rata-rata tercepat, yaitu 18,7 Mbps, lebih cepat 15,2 persen hingga 108,1 persen daripada kecepatan yang mampu dihadirkan operator lain.

Sementara itu, pada kategori Pengalaman menonton dan streaming video, XL Axiata meraih skor penilaian sebesar 44,8 point. Dengan pertumbuhan akses streaming video yang meningkat pesat maka kualitas pengalaman pengguna menjadi salah satu aspek yang sangat penting.

Pada fokus pembangunan jaringan XL Axiata di 2022, sejumlah inisiatif telah mulai dijalankan sejak awal 2022 yang mencakup beberapa aspek. Pertama, peningkatan customer experience, dengan dilakukan penerapan intelligence and automation guna meningkatkan kemampuan jaringan. Hal ini meliputi otomatisasi pada konfigurasi jaringan, optimasi, self-diagnostic, serta pemulihan jaringan.

“Kami juga sudah mengimplementasi automated optimization untuk VoLTE services, serta value-based planning tools yang melibatkan beberapa aspek strategis bisnis dalam perencanaan jaringan,” tegasnya.

Dengan penerapan intelligence and automation ini, XL Axiata dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi jaringan secara lebih cepat. Intelligence and automation diaplikasikan pada proses perencanaan hingga pengoperasian jaringan.

Aspek kedua adalah memberikan pengalaman layanan digital yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat, seperti penyediaan layanan yang terintegrasi untuk mobile consumer dan home, serta penyediaan kapasitas jaringan sesuai kebutuhan tiap area. Aspek ketiga yang tidak kalah penting adalah menyediakan pengalaman layanan yang lebih andal, untuk aspek ini XL Axiata menargetkan 100 persen ketersediaan jaringan dengan menambah BTS 4G yang menjangkau kota-kota di Indonesia. (lin)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img