spot_img
Friday, September 20, 2024
spot_img

100 Jamaah Haji Kota Batu Tiba

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Sempat Terserang ISPA Tangis Bahagia Sambut Kedatangan

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Suasana bahagia mewarnai kedatangan rombongan jemaah haji asal Kota Batu. Cucuran air mata bahagia pecah saat 100 jamaah haji tiba dengan selama dan disambut keluarga mereka di halaman Masjid Sultan Agung, Kota Batu, Sabtu (30/7) kemarin.

Saat turun dari Bus, jemaah dan keluarga yang menjemput saling berangkulan meluapkan perasaan bahagia. Mengingat 100 jamaah haji ini menjalankan rukun Islam ke lima selama 40 hari. Salah satu kebahagian diungkapkan Taufik (43) asal Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji yang menjemput saudaranya.

“Alhamdulillah seluruh jamaah haji Kota Batu kembali dengan selamat. Mudah-mudahan mendapat gelar haji mabrur,” ujar Taufik saat menanti kedatangan keluarganya.

Tidak hanya ratusan keluarga jamaah, Wali Kota Batu Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si bersama Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, SIK M.T dan Forkopimda Kota Batu menyambut kedatangan mereka.

“Kami bersyukur 100 jemaah haji Kota Batu sudah pulang semua. Semua berjalan baik dan seluruh jemaah dalam kondisi relatif sehat. Meskipun pelaksanaannya terbatas, Kemenag telah memberikan pelayanan  baik kepada seluruh jamaah,” bebernya.

Sebelumnya disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandri bahwa dalam pelaksanaan ibadah haji, ada 69 jamaah haji mengalami sakit di tanah suci.

“Menurut dokter kloter yang ikut, sebanyak 69 jamaah haji asal Kota Batu mengalami gangguan kesehatan di jamaah haji. Jamaah sakit karena infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan Myalgia. Beberapa ada keluhan dyspepsia dan observasi febris,” ungkapnya.

Ia menerangkan bahwa sakit yang diderita jamaah karena disebabkan oleh faktor kelelahan dengan banyaknya kegiatan. Ditambah lagi cuaca di tanah suci sangat panas, kering dan berdebu. Diketahui bahwa suhu udara di Madinah mencapai 50 derajat. Sedangkan suhu di Mekkah mencapai 47 derajat. (eri)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img