spot_img
Friday, September 20, 2024
spot_img

Dinkes Kabupaten Malang; Orientasi Penyelenggaraan ILP Petugas Puskesmas

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang menggelar orientasi penyelenggaraan integrasi layanan primer (ILP) bagi petugas puskesmas di El Hotel Karangploso, Selasa (17/9). Kegiatan dilaksanakan atas kebijakan pemerintah pusat dalam rangka mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama lima hari, sejak Selasa hingga Minggu (22/9) mendatang. Sejumlah narasumber dihadirkan untuk memberikan materi bagi perwakilan dari 39 puskesmas di Kabupaten Malang yang hadir.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Malang, Gunawan Djoko Untoro, SKM. M.Si menyampaikan 39 puskesmas yang ada di Kabupaten Malang ditargetkan seluruhnya dapat melayani masyarakat dengan pendekatan ILP.

“Semua individu masyarakat, prinsipnya dapat mengakses layanan kesehatan. Kami melakukan pendeteksian dan screening. Hasil screening kemudian ditindaklanjuti rujukannya. Jadi, di ILP ini mekanisme rujukannya dari bawah ke atas. Bisa juga rujuk balik dari atas ke bawah,” papar Gunawan.

Ia menyontohkan, layanan di posyandu ternyata ada masalah lain, sehingga bisa dilakukan rujukan di tingkat desa sesuai dengan kewenangan. Kalau desa tidak bisa menyelsaikan masalah, dirujuk lebih lanjut  ke puskesmas. Begitupala sebaliknya dari puskesmas ke desa kemudian ke posyandu.

“Harapan kami  dalam peningkatan layanan kesehatan melalui pendekatan akses ILP ini bisa dilaksanakan di pertengahan Oktober tahun 2024. Kalau seluruh puskesmas sudah siap, kami akan kickoff (mulai) melaksanakan,” ujar Gunawan.

Layanan masyarakat dalam ILP di puskesmas dikelompokkan dan dibagi dalam lima kluster. Yakni, kluster satu yang menangani terkait manajemen. Sedangkan, layanan siklus hidup masuk di kluster ke dua menangani kesehatan ibu, anak, bayi, dan remaja.

“Di kluster tiga menangani dewasa dan lansia.  Kluster keempat menangani penyakit menular,” sambung Gunawan sembari menyampaikan kluster kelima yaitu lintas kluster satu hingga empat. Ia menambahkan, bila kegiatan di hari pertama orientasi, mayoritas yang hadir kepala puskesmas yang ada di Kabupaten Malang.

Mereka mendapat materi gambaran umum terkait kebijakan ILP dari pemerintah pusat. :Hari pertama ini gambaran umum tentang ILP dan kenapa pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan ini. Nanti hari Kamis, kami kunjungan ke Sidoarjo turun lapangan melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan ILP,” tandas Gunawan. (adv/den/mar)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img