spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Aries Diperpanjang Pimpin Kota Batu

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Besok, SK Perpanjangan Pj Wali Kota Batu Diserahkan Gubernur Jatim, Mendagri Nilai Kinerja Aries Agung Paewai Setahun Memuaskan  

MALANG POSCO MEDIA – Kerja keras dibarengi dedikasi tinggi Aries Agung Paewai mengendalikan Kota Wisata Batu, berbuah manis. Kemendagri kembali mempercayakan tongkat komando pemerintahan di Kota Batu kepada Aries Agung Paewai.

Aries, begitu biasa disapa, resmi dilantik Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai Pj Wali Kota Batu, 19 Januari 2023 lalu. Pelantikan didasarkan atas SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3 – 5344 tentang Pengangkatan Penjabat Wali Kota Batu, Jawa Timur.

Masa jabatan Pj Wali Kota Batu terhitung hanya satu tahun saja. Kemudian dilakukan evaluasi. Jika kinerjanya bagus serta memuaskan bisa kembali ditunjuk sebagai Pj Wali Kota Batu untuk masa setahun berikutnya. Atau sampai ada pejabat Wali Kota Definitif.

Jika tidak ada perubahan, SK Mendagri penunjukkan kembali Aries sebagai Pj Wali Kota Batu akan diserahkan Gubernur Jatim, Kamis (18/1) besok di Gedung Grahadi. Karena bukan penjabat baru maka tidak dilakukan pelantikan ulang. Tetapi cukup penyerahan SK Mendagri saja.

Dikonfirmasi soal rencana kegiatan tersebut, Kabiro Administrasi Pimpinan Pemprov Jatim Pulung Chautsar   membenarkan. Menurut rencana, Gubernur Jatim akan menyerahkan SK Mendagri untuk Pj Wali Kota Batu di Gedung Grahadi, Kamis besok.

‘’Tetapi, kami belum bisa memastikan penyerahan dilakukan jam berapa. Karena, kami masih harus menyesuaikan agenda kegiatan ibu gubernur di hari itu (Kamis),’’ ujar Pulung, yang kabarnya bakal ditunjuk Gubernur Jatim sebagai Plt Kabiro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim.

Sementara itu dari data yang dihimpun Malang Posco Media (MPM) menyebutkan, Selasa (16/1) pagi, utusan dari Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Jatim telah berangkat ke kantor Kemendagri untuk mengambil SK pengangkatan kembali Pj Wali Kota Batu.

‘’Malam ini, langsung diminta balik ke Surabaya. Begitu SK sudah ditangan langsung terbang ke Surabaya. Sebab, besok sudah tanggal 17 Januari. Sudah mepet waktunya,’’ ujar sumber resmi MPM di kantor Gubernur Jatim, kemarin pagi.

Kepercayaan yang diberikan Mendagri Tito Karnavian terhadap Aries Agung Paewai, yang juga Kepala Dinas Pendidikan Jatim, sekaligus menjawab kepercayaan warga Kota Wisata Batu. Sejak dilantik 19 Januari 2023 lalu, Aries telah melakukan banyak terobosan untuk masyarakat Kota Batu.

Bahkan, salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di Kota Batu bernilai miliaran rupiah yaitu Pasar Among Tani Batu diresmikan Presiden Joko Widodo 14 Desember 2022 lalu. Kini pasar megah dan terbesar di Jatim itu telah menjadi jujugan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

“Menurut saya kinerja Pj Wali Kota Batu selama setahun ini cukup baik. Ini kami nilai dari sisi norma dan kebijakan-kebijakan yang telah diambil dari menyikapi permasalahan yang terjadi di Kota Batu,” ujar Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Nurochman kepada MPM, belum lama ini.

Sebagai bukti penilaian itu, Nurochman lantas menujuk persoalan sampah di Kota Batu. Sebagai kota tujuan wisatawan di Jatim, menangani sampah adalah tugas paling berat.

‘’Pj Wali Kota sudah berupaya dengan didukung DPRD menambah anggaran dua persen dari ADD bagi Pemdes untuk pengolahan sampah tingkat desa. Begitu juga untuk kelurahan. Sehingga Pemdes rata-rata menerima mulai dari Rp 400-500 juta untuk digunakan pengelolaan sampah,’’ rincinya.

Dikonfirmasi MPM saat peresmian asrama SMA Taruna Nala, Malang beberapa waktu lalu, Aries enggan berkomentar soal perpanjangan Pj Wali Kota Batu. Menurut dia, dirinya tidak berhak menilai kinerjanya sendiri. Apalagi membicarakan soal perpanjangan sebagai Pj Wali Kota Batu.

‘’Jangan. Jangan tanya soal itu (SK Perpanjangan). Saya hanya kerja dan kerja saja. Selebihnya, biarkan masyarakat Kota Batu yang menilai. Biarkan pemerintah pusat yang mengevaluasi,’’ kata  Aries. (has/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img