spot_img
Wednesday, April 17, 2024
spot_img

Batasi Parkir Kawasan Alun-Alun Merdeka

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang segera melakukan penataan ulang parkir di kawasan Alun-alun Merdeka. Fokus kawasan parkir tepi jalan di sekitar Jalan Merdeka Timur, Selatan, dan Merdeka Barat.

Selama ini diketahui, area parkir tepi jalan di depan Mal Alun-alun, kemudian depan Kantor Pos (Jalan Merdeka Selatan) selalu dipadati setidaknya 2 saf kendaraan bermotor roda dua. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Malang Widjaja Saleh Putra menyampaikan bahwa hal tersebutlah yang selama ini menjadi penyebab kemacetan lalu lintas.

Penertiban segera dilakukan dengan menggunakan barrier, guna mengontrol dan membatasi parkir agar tidak melampaui batas yang ditentukan. Ini diputuskan dalam Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Kota Malang belum lama ini.

“Yang paling mudah dilakukan jangka pendek itu adalah penertiban parkir di depan Mal Alun-alun dan di depan Kantor Pos maupun di depan Hotel Pelangi,” ujar Jaya saapannya.

Sedangkan untuk jangka panjang, dirinya berencana untuk mensterilkan kawasan itu dari area parkir. Ia menyebut, hal itu juga telah dilakukan kajian.  Sebagai gantinya, pihaknya berencana membangun area parkir bertingkat. Rencananya, parkir bertingkat ini akan ditempatkan di sisi utara Mal Alun-alun.

“Karena memang parkir tepi jalan itu yang membuat berkurangnya ruang mobilitas kendaraan di area tersebut karena dipakai untuk parkir kendaraan,” terang Jaya.

Namun rencana itu masih harus terus dilakukan kajian. Sementara itu sebelumnya, Dishub Kota Malang juga baru saja membangun area parkir bertingkat di kawasan Stadion Gajayana.  Selain di Gajayana, rencananya parkir bertingkat juga akan dibangun di sekitar jalan Majapahit. Tepatnya di lokasi eks kantor Dinas Lingkungan Hidup. (ica/aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img