spot_img
Thursday, May 23, 2024
spot_img

Bidan Ikuti Pelatihan MU, Perbaharui STR

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Sekitar 35 bidan di Kabupaten Malang mengikuti pelatihan Midwifery Update (MU). Di sekretariat Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Malang, Jalan Raya Jatikerto, Kecamatan Kromengan, para bidan ini mendapatkan 11 materi sekaligus. Pelatihan MU ini digelar selama tiga hari.

Pelatihan ditutup Kadinkes Kabupaten Malang, drg Wiyanto Wijoyo MM.Kes. Ketua IBI Kabupaten Malang, Hj. Endah Pujiati S.ST, M.Kes mengatakan, pelatihan MU ini merupakan syarat bagi para bidan untuk memperbarui Surat Tanda Registrasi (STR). “Seorang bidan masing-masing memiliki STR berlaku lima tahun. Untuk perpanjangan STR, mereka wajib mengikuti pelatihan MU,” katanya.

Selain menjadi syarat perpanjangan STR Bidan, pelatihan MU ini juga menjadi ajang para bidan merefresh kembali ilmu kebidanan. Berprofesi sebagai bidan, dikatakan Endah tidak sekadar memiliki kemampuan atau keahlian dalam membantu wanita melahirkan. Tapi ada kode etik dan harus patuh pada aturan.

“Kadang ada aturan yang berubah. Saat pelatihan perubahan itu juga disampaikan. Dengan demikan para bidan ini dapat bekerja dengan lebih profesional,” ujarnya. Sejauh ini, Endah mengatakan para bidan di Kabupaten Malang telah menjalankan tugasnya dengan baik. Mereka juga sangat profesional.

“Satu lagi, kami IBI tidak mudah memberikan rekomendasi saat para bidan mengajukan izin praktik mandiri. Visitasi, dengan melakukan pengecekan langsung di lapangan. Kami cek semuanya, jika semuanya sesuai dengan standarnya, baru rekomendasi izin kami berikan,’’ tandasnya. (ira/mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img