spot_img
Monday, June 17, 2024
spot_img

Bisma 2024, Belajar dan Kenalan Baru

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA- Selalu ada pengalaman menarik selama bekerja di Malang Posco Media. Saya Khalqinus Taaddin, akrab disapa Aden diberi kesempatan ikut kegiatan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang, 6-7 Januari 2024 lalu.

Nama kegiatannya Bincang Santai Bersama Media, disingkat Bisma 2024. Kegiatannya digelar di Plataran Bromo Resort & Venue Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan.  

“Hasil rapat redaksi dan Bu Dinda (General Affair MPM Noer Adinda Zaeni), Aden yang ditugaskan ikut kegiatan BI,ditetapkan Aden yg berangkat,” begitu isi pesan WhatsApp (WA) Korlip MPM, Ira Ravika kepada saya.

Mbak Korlip, begitu biasa saya menyapa Mbak Ira juga mengirim  rundown kegiatan. Membaca pesan tersebut, tentu saya senang.

Sebab ini pengalaman baru. Saya yang biasa meliput kejadian kriminal dan floting, diberi kesempatan belajar tentang perekonomian 2024. Sumber ilmunya dari BI.   

Dingin Bromo sangat terasa. Suhunya 16 derajat celsius. Tapi relasi baru saya dan teman-teman wartawan dan para senior terasa hangat. Apalagi saya menambah jejaring narasumber baru dari BI.
Setelah bermalam, Minggu (7/1) tibalah jadwal Tour Bromo.

Rombongan saat itu menggunakan 11 Jeep, termasuk  rombongan awak media,  tim dari KPw BI Malang, dan panitia lainnya.

Kami berangkat pukul 06.20 WIB. Tujuan tour kali pertama wisata Widodaren Bromo. Di sana ramai sekali. Kebetulan weekend juga. Untuk sampai ke Widodaren Bromo, jalannya esktrem sekali. Berkelok. Pinggir kiri dan kanan jalan raya terdapat jurang. Tapi jalannya mulus.

Setelah menikmati sejuknya Bromo dan berfoto bersama, rombongan kemudian meluncur ke wisata Lautan Pasir Bromo. Lalu berlanjut ke Savana Teletubis.  

Tak terasa, terik matahari mulai menyengat. Rombongan kemudian bergeser untuk istirahat di tempat yang sudah disipakan. 

Sekitar satu jam menikmati hidangan, rombongan kemudian kembali ke Plataran Bromo Resort & Venue.  

Tibalah saatnya diskusi prekonomian dalam kegiatan Bisma 2024. Yang menjadi pembicara tiga orang. Yakni, Kepala KPwBI Malang, Samsun Hadi Kepala Deputi KPwBI Malang, Achmad P Subarkah, dan Dini Amalia Manager Fungsi Data Statistik Ekonomi dan Keuangan KPwBI Malang.

Pada kesempatan itu, Samsun Hadi optimis di tahun politik prekonomian akan tumbuh. Ini sesuai dengan konsumsi pemerintah dan masyarakat dari pengaruh Pemilu 2024. Sementara itu, Achmad P Subarkah juga optimis di tahun 2024 pertumbuhan ekonomi meningkat 4,7 – 5,5 persen.

Sedangkan Dini Amalia menambahkan inflasi akan terkendali. Faktornya meredanya El Nino dan berlanjutnya program pemerintah untuk menekan inflasi melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Tak terasa, bincang santai ini berlangsung hingga sekitar pukul 22.00 WIB. Usai kegiatan, peserta langsung ke kamarnya masing-masing untuk bersiap kembali ke Malang esok harinya. (den/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img