spot_img
spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img
spot_img

Digelar Perdana, SIC SMA Islam Malang Sukses Wadahi Kreativitas Siswa

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Dalam rangka mewadahi minat dan bakat siswa SMP/MTs se-Malang Raya, SMA Islam Malang gelar perlombaan bertajuk SMA Islamic Competition (SIC). Rangkaian lomba SIC ini usai dilaksanakan pada Kamis (22/2) lalu.

Kegiatan perlombaan SIC sebenarnya telah direncanakan sejak beberapa waktu lalu. Namun, baru terlaksana pertama kali di tahun 2024 ini.  Itulah yang disampaikan Dimas Ardianto S.Pd. Gr., Kepala SMA Islam Malang, Jumat (23/2) lalu.

Perlombaan ini juga sebagai wujud eksistensi SMA Islam Malang sebagai salah satu SMA berbasis Islam yang unggul di Malang Raya. Rencana ke depan, SIC akan dijadikan sebagai rumah besar untuk beragam jenis lomba. Sehingga SMA Islam Malang bisa membuka cabang perlombaan di berbagai bidang. Seperti eksakta, keislaman, seni, olahraga, pramuka, dan lain sebagainya. “Nantinya SIC ini digagas tak hanya fokus di bidang perlombaan religi, tetapi juga bidang yang lain,” ujar Dimas.

Perlombaan SIC ini juga sebagai ajang ekspresi dan apresiasi kemampuan berorganisasi siswa-siswi SMA Islam Malang. Dimas menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan lomba siswa-siswi pengurus OSIS SMA Islam dilibatkan. Sekaligus untuk mengasah jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, dan kemampuan berpikir kritis mereka. “Utamanya kemampuan dalam menjalankan organisasi,” jelas Dimas.

Adapun di periode pertama ini, SIC menggelar tiga perlombaan religi. Yaitu lomba qiraah, lomba hadrah, dan lomba pop islami. Antusiasme peserta cukup meriah dari berbagai SMP/MTs di Malang Raya. Terbukti panitia berhasil menjaring puluhan peserta dari berbagai cabang lomba. Tak hanya dari MTs dan SMP Islam, peserta juga ada yang mendaftar dari SMP umum.

Bahkan, usai perlombaan selesai pun para peserta begitu antusias untuk berfoto di spot foto yang disediakan panitia. “Alhamdulillah, meski baru pertama tapi antusiasme peserta cukup banyak. Mereka terlihat begitu semangat,” terang Dimas.

Dalam perlombaan kemarin, tahapan pertama dilakukan penyaringan secara online. Kemudian diambil lima besar untuk tampil secara offline. Panitia mengambil juara 1, 2, 3, serta harapan 1dan 2 dari masing-masing cabang lomba. Masing-masing juara mendapatkan hadiah berupa trofi dan uang tunai sebagai bentuk apresiasi.

Tak hanya itu, khusus untuk juara 1 masing-masing cabang lomba juga diberikan kesempatan untuk tampil di acara peringatan Isra Mikraj dan Menyambut Ramadan di SMA Islam Malang, Jumat (22/2) lalu. Juara 1 lomba pop islami diraih oleh Quinsha Camelia dari MTS Khadijah Kota Malang. Juara 1 lomba qiraah diraih oleh M. Alvin Nur Rohman Dari MTS Raudlatul Ulum. Dan juara 1 lomba hadrah diraih oleh SMPN 22 Malang.

KOMPAK: Grup hadrah SMA Islam Malang tampil mewarnai kegiatan Gebyar Pekan Islami

Setelah dilaksanakannya lomba SIC ini, diharapkan SMA Islam Malang bisa menarik minat lebih banyak siswa-siswi SMP/MTs se-Malang Raya. Rencananya, SIC ini juga akan terus dikembangkan di tahun-tahun selanjutnya. “Harapan kami, SIC bisa menjadi program rutin tahunan di SMA Islam Malang,” tutur Dimas. (mg1/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img