spot_img
Tuesday, May 21, 2024
spot_img

Gaji Terendah Rp 14 Juta, Terbesar Bisa Capai Rp 204 Juta/Bulan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – GAJI sesuai Upah Minimum Regional (UMR) di Lisbon setara 14 juta rupiah per bulan apakah cukup menggiurkan bagi para fresh graduate di Indonesia? Ataukah lebih memilih hidup 14 juta rupiah di Jakarta dengan penuh kemacetan? Semua tergantung pilihan masing-masing. Karena prioritas masing-masing personal berbeda.

Keputusan hidup merantau di luar negeri bukan hanya sekedar kepingin mengikuti trend namun perlu perhitungan sangat matang. Bagaimana tantangan para single atau yang sudah berkeluarga untuk bisa berjuang hidup jauh dari tanah air??

UMR di Portugal per bulan 820 Euros, sudah sedikit mengalami kenaikan dari tahun lalu yang hanya 790 Euros. Dengan gaji segitu diperlukan kehidupan yang serba pas-pasan apalagi kalau memilih tinggal di pusat kota Lisbon. Harga sewa apartemen di Lisbon sudah melonjak tinggi. Diatas 1000 Euros untuk harga 1 kamar apartemen.

List perkiraan gaji dengan berbagai pekerjaan

Terus bagaimana yang gajinya hanya UMR? Mereka harus mencari apartemen yang berbentuk sharing rumah dengan orang lain atau tinggal di kawasan jauh dari pusat kota.

Pengeluaran bulanan di Portugal dibagi menjadi beberapa sektor : biaya sewa apartemen, grocery, transportasi, belanja baju/sepatu/keperluan pribadi, bayar utiliti (gas,air,listrik, internet), dan social life (hangout di restoran/café, nonton bioskop, olahraga, dkk). 40% dari gaji sudah dipakai untuk bayar apartemen.

Jadi untuk penghasilan UMR kira-kira maksimal alokasi bayar apartemen sekitar 330 Euros (Rp. 5.500.000).

Grocery bulanan dan transportasi sudah mengambil jatah 35% gaji atau sekitar 280 Euros (Rp. 4.900.000). Nilai ini berbeda masing-masing individu karena disesuaikan dengan gaya hidup. Bisa saja hemat karena masak sendiri dan pergi ke kantor jalan kaki. Atau selalu makan diluar dan bayar bulanan tiket transportasi (bus dan kereta) sekitar 40 Euros/bulan (Rp.700.000). Sisa 210 Euros bisa digunakan di pos yang lain. Untuk gaji  dibawah UMR tidak dikenakan pajak.

Range potongan pajak sesuai dengan penghasilan tahunan

Jika ingin hidup agak nyaman di Lisbon bagi single minimal 1200 Euro lah (Rp.20.500.000). Dimana nett sekitar 800 Euro untuk hidup diluar biaya apartemen. Karena memang biaya apartemen ini sungguh mencekik dompet. Untuk yang sudah berkeluarga maka segala pengeluaran juga tinggal dikalikan dengan jumlah keluarganya.

Misal, punya 2 anak. Maka pasti harus memilih apartemen minimal 2 kamar. Kalau anak-anak sudah besar dan memiliki privasi sendiri-sendiri maka tinggal dikamar sendiri. Biaya makan, transportasi, hiburan juga bertambah.

Sedangkan untuk biaya sekolah publik gratis (ulasan detail terkait biaya pendidikan portugal baca artikel sebelumnya).

Menurut website numbeo.com untuk sewa apartemen dengan 3 kamar di pusat kota Lisbon sudah mencapai 1600 euros (Rp. 27.500.000) per bulan. Itu apartemen kosongan, artinya tidak ada perabotan sama sekali. Namun biasanya kitchen set seperti kompor, sink, oven, microwave sudah termasuk. Untuk utiliti bulanan seperti listrik, gas, air, internet bisa diatas 150 Euro per bulan (Rp. 2.500.000). Kalau winter maka bersiap tagihan listrik melonjak. Karena butuh pemanas untuk menghangatkan ruangan.

DoubleZ healing ke pantai sore hari

Biaya hangout weekend untuk makan diluar minimal butuh 30 Euros (Rp. 510.000) untuk 1 keluarga. Itupun untuk menu fast food di pujasera mall. Kalau memilih ke restoran bisa butuh 2x lipat. Sebisa mungkin memasak setiap hari supaya bisa kontrol keuangan. Kalau setiap weekend makan diluar bisa bangkrut nih. Hohoho.

Range gaji di Portugal dari mulai UMR hingga maksimal 12.000 Euros (Rp. 204.000.000) per bulan. Nilai median gaji di Portugal diangka 2500 Euros (Rp. 42.500.000). Sumber: www.housinganywhere.com. Sedangkan rata-rata gaji di Lisbon adalah 1600 Euros. Sebelum pajak. Ada potongan pajak penghasilan dengan range 18 – 48 % dan 11% pajak sosial security. Jadi meskipun gross gaji tahunan besar, yang diterima pun berkurang banyak.

Semakin tinggi gaji, potongan pajak semakin tinggi. Selebihnya lihat tabel. Ada case khusus juga untuk mendapatkan potongan pajak tahunan apabila memiliki keahlian khusus pada suatu bidang, misalnya bidang engineering. Standar gaji di Portugal dibagi beberapa sektor dan keahlian.Selengkapnya baca tabel.

Tidak sedikit orang di Indonesia beranggapan bahwa hidup di luar negeri itu serba mewah. Pasti gajinya besar, tabungannya banyak, pokoknya banyak uang lah. Padahal dibalik itu, semua perantauan sedang berjuang hidup di negeri orang. Berusaha untuk bisa sedikit menabung dengan banyaknya pengeluaran yang tidak murah juga. Apalagi sejak inflasi, semua bahan pokok naik harga.

Mau healing ke pantai cukup naik mobil 15 menit

Namun apa yang membuat sebagian orang ingin hidup merantau di Eropa? Karena kualitas hidup yang seimbang dan lebih baik. Waktu antara pekerjaan dan kehidupan seimbang. Pressure kerja pasti ada, namun jatah liburan juga ada. Ada kalanya liburan ada kalanya bekerja. Contoh simple adalah, saat mengambil cuti tak khawatir perlu membawa laptop kemana-mana. Budaya kerja yang santai yang penting beres banyak diterapkan di Eropa. Memiliki kesempatan mengontrol emosi dan stres lebih baik.

Hidup di Eropa juga bisa merasakan bersihnya air, udara, dan lingkungan sekitar. Stress karena macet berkurang, karena pergi ke sekolah atau kantor hanya 15 menit naik mobil. Mau healing ke pantai bisa pilih kemana saja karena Portugal berbatasan langsung dengan Samudra Atlantic. Well, begitulah suka duka tinggal merantau. Terima nyamannya, terima juga perjuangannya.

Bagaimana menurut kawan pembaca? Masih tertarik mencari pekerjaan di luar negeri?? (opp/nug/MPM)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img