spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Gandeng Bengkel Knalpot Brong

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Seperti kucing-kucingan. Persoalan knalpot brong di jalanan antara pengendara dan pihak kepolisian. Semakin dirazia, bukannya berkurang, knalpot brong terus ada. Jumlahnya pun tak menyusut justru cenderung naik. Dirazia dengan segala cara, pemilik kendaraan knalpot brong terus berulah.

Karena itulah, upaya Ditlantas Polda Jatim yang menggandeng 70 komunitas motor di Jawa Timur sebagai upaya menekan bahkan komitmen mewujudkan zero knalpot brong. Deklarasi Zero Knalpot Brong ini melibatkan tujuh Polres di jajaran Polda Jatim dan digelar di Polresta Malang Kota.

Tentu komitmen ini harus dibarengi dengan pembinaan dan pengawasan ketat antara komunitas motor dan pihak kepolisian. Sebab tanpa pembinaan, kesadaran untuk tidak memakai knalpot brong akan terus berulang. Dan bila tidak ditindak tegas, maka akan terus bermunculan knalpot-knalpot brong versi lainnya.

Harapannya dengan menggandeng komunitas motor ini, pihak kepolisian semakin mudah untuk melakukan pembinaan. Bila dalam satu komunitas anggotanya puluhan, dan mereka melakukan sosialisasi kepada pengendara motor lainnya, maka penyalahgunaan knalpot brong bisa diminimalisir, bahkan ditekan.

Selain menggandeng komunitas motor, yang perlu digandeng adalah bengkel-bengkel pembuat knalpot, termasuk yang menyediakan jasa pembuatan knalpot brong. Karena tanpa bengkel-bengkel ini, knalpot brong tak akan ada. Dan bila mereka juga dilibatkan dalam deklarasi zero knalpot brong, maka upaya untuk menekannya lebih efektif. Dan bila di kemudian hari ada pelanggaran knalpot brong kembali, maka bengkel bengkel pembuat knalpot brong juga bisa dipanggil karena melanggar komitmen. Bila tindakan ini dilakukan pihak kepolisian, maka setidaknya akan memberikan tekanan dan melahirkan kesadaran bersama. Pemilik kendaraan bermotor, bengkel pembuat knalpot brong dan komunitas bahu membahu untuk menciptakan situasi jalan raya tanpa knalpot brong. Data pembuat knalpot brong bisa didapatkan aparat kepolisian saat razia pemilik kendaraan berknalpot brong.

Jalan raya sudah bising dengan kendaraan bermotor. Jalan raya juga sudah kotor dengan polusi dari kendaraan bermotor. Bila ditambah knalpot brong, bukan hanya mengganggu dan memekakkan telinga. Namun juga memancing emosi pengendara lainnya. Stop menggunakan knalpot brong. Stop menyediakan jasa knalpot brong.(*)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img