spot_img
spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img
spot_img

Geliatkan Literasi, Target Karya Fiksimini

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MGMP Bahasa Indonesia SMP/ Mts Kota Batu – Dinas Pendidikan Gelar Sang Pena

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP/ MTs Kota Batu menggelar pelatihan kepenulisan dengan tema Sang Pena di Hotel Zam-zam Kota Batu selama dua hari, Rabu (28/2) dan Kamis (29/2) kemarin. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menggeliatkan literasi di Kota Batu.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP/MTs Kota Batu Jefri Setiyo Budi menjelaskan kegiatan yang digelar kali ini mengangkat tema Sang Pena yang memiliki arti Satu Aksi menggerakkan Pena dengan kegiatan pelatihan penulisan fiksimini. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Batu dengan peserta merupakan perwakilan pendidik dan peserta didik dari 29 SMP/ MTs Negeri dan Swasta di Kota Batu.

“Output pelatihan ini nanti hasil karya dari guru dan siswa akan dibukukan dalam bentuk antologi. Karya akan dibuat dalam bentuk flash fiction atau fiksimini,” jelas Jefri kepada Malang Posco Media.

Narasumber dari kegiatan ini berasal dari Kota Batu yaitu Anita Sutrisnawati (Novelis), Hyonshi (Novelis), dan Choirin Fitri. Kegiatan dibuka oleh kepala Dinas Pendidikan Kota Batu M. Chori.

Hasil karya berupa fiksi mini, sambung Jefri, juga dapat digunakan untuk meningkatkan semangat literasi yang ada pada pendidik maupun peserta didik di seluruh sekolah di Kota Batu. “Pelatihan kepenulisan ini untuk menggerakkan literasi di Kota Batu,” sambungnya.

“Kegiatan digelar dua hari masing-masing beda rangkaian. Hari pertama pemberian materi dan pembuatan kerangka. Kemudian hari kedua materi editing hingga menghadirkan karya,” pungkasnya sembari berharap semakin banyaknya karya dapat berkontribusi memajukan pendidikan di kota Batu.(den/eri/lim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img