spot_img
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Keren! 10 Makanan Indonesia Masuk Jajaran Makanan Terenak Dunia

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Terkenal unik, lezat dan memiliki cita rasa yang khas setiap wilayahnya menjadikan makanan Indonesia banyak disukai orang-orang di penjuru dunia.

Dilansir dari detikFood, Selasa (4/10), dari nasi goreng, sate, hingga rendang yang sudah kondang lezatnya banyak disukai orang asing sejak pertama kali mencicipi. Berikut 10 makanan Indonesia yang diakui sebagai makanan terenak dunia:

1. Rendang
Rendang menjadi salah satu dari lima makanan khas Indonesia yang telah dipromosikan oleh Kementerian Pariwisata sebagai ikon kuliner Indonesia. Selebriti chef Gordon Ramsay bahkan tergoda belajar memasak rendang langsung di Sumatera Barat.

Hidangan daging lezat asal Sumatera Barat ini kembali dinobatkan sebagai Makanan Terbaik dalam 50 Makanan Terbaik Dunia versi CNN yang pada Juli 2017 silam.

2. Nasi goreng
Sama dengan rendang, nasi goreng khas Indonesia juga menjadi makanan terenak di dunia pada tahun 2017. Nasi goreng bahkan diakui sebagai makanan Indonesia, meski ada berbagai versi nasi goreng di seluruh dunia.

Penggunaan kecap yang lebih manis, rasa yang lebih pedas dan penambahan bawang goreng serta biasanya dimakan dengan acar dan kerupuk menjadi perbedaan signifikan nasi goreng Indonesia dengan negara lain.

3. Sate
Sate juga masuk dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia versi media internasional tahun 2017.

Hidangan yang umumnya menggunakan daging kambing dan ayam ini memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Tak heran, makanan yang biasanya disajikan dengan sambal kacang ini sangat digemari semua kalangan.

4. Soto
Soto menempati posisi ke-4 dari 20 hidangan sup terbaik di dunia versi CNN. Soto ayam khas Indonesia umumnya dihidangkan dengan rempah-rempah lezat seperti kunyit segar, kayu manis, serai dan daun jeruk yang berpadu untuk menciptakan aroma dan rasa yang menggugah selera.

bahkan soto diketahui juga digemari orang Singapura, Malaysia, hingga Suriname yang jauh di Amerika Selatan dan menjadi salah satu makanan Indonesia yang diakui sebagai makanan terenak di dunia.

5. Gado-gado
Gado-gado adalah campuran beberapa sayuran yang direbus, kemudian disajikan dengan telur dan saus kacang biasanya jjuga disajikan dengan tahu dan tempe.. Cukup sederhana, namun makanan khas Indonesia ini pernah meraih juara pertama dalam kategori estetika presentasi pada kompetisi memasak internasional yang diadakan di Naples, Italia, pada 2010.

6. Pempek
Dalam daftar lengkap yang dirilis pada akun Instagram Taste Atlas, Rabu (28/9), pempek menjadi kudapan asal Indonesia dengan skor tertinggi 4.6, sehingga menempati ranking ke-38 di daftar tersebut.

7. Serabi
Serabi berada di urutan ke-40 setelah didahului oleh picarones dari Peru dalam daftar makanan terenak dunia.

8. Pisang goreng
Kepopuleran pisang goreng ini juga menempatkannya di posisi 42 jajanan pasar terenak di dunia.

9. Lupis dan Cenil
Kalau yang satu ini memang belum dapat peringkat sebagai makanan terenak. Namun lupis dan cenil mbah Satinem di Jogja kini jadi idol setelah masuk ke dalam serial kuliner Netflix. Selain itu lupis dan cenil juga memikat artis Korea Lee Seung Gi dalam acara kulinernya.

10. Mi instan
Produk mi instan asal Indonesia, Indomie masuk daftar 10 Mi Instan Terbaik versi LA Times. Tak tanggung-tanggung, ada dua varian dari mi instan Indonesia yang masuk ke dalam daftar. Dua varian Indomie tersebut masuk dalam kategori best saucy (dry) instant noodles atau mi instan kering atau tanpa kuah terbaik.

(sob/odi/dtc/mg7/lin)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img