.
Thursday, December 12, 2024

KORAN (WAJIB) TIDAK ABAL-ABAL

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media berulang tahun ke-2 pada tanggal 1 Agustus 2022. Pencapaian luar biasa yang patut diapresiasi. Perlu dicatat untuk terus bisa eksis dalam pemberitaan Malang Raya maupun Nasional diperlukan media yang benar-benar petarung. Redaksi Malang Posco Media mampu melakukan tugasnya dengan sebaik mungkin.

Malang Raya merupakan wilayah kota/ kabupaten yang diprediksikan akan semakin berkembang. Kehidupan pendidikan, budaya dan pariwisata akan mengerucutkan pada pola geliat ekonomi dan masyarakatnya yang semakin maju.

Alternatif sumber informasi secara aktif dengan menggunakan gadget dipastikan merubah peradaban masyarakat Malang Raya. Media sebagai partner informasi yang diperlukan merubah citra perubahan suatu hal yang lebih maju.

Ekonomi Malang Raya pada tahun 2021 berkontribusi 7,91 persen pada ekonomi di Jatim. Tahun 2022, diperkirakan pertumbuhannya lebih besar, yakni Kota Malang 5,09 persen, Kabupaten Malang 5,2 persen, dan Kota Batu 5,39 persen. (bisnis.com).

Pertumbuhan ekonomi yang kuat harus sengaja dikabarkan oleh media-media yang memiliki konsistensi dalam perkembangan Malang Raya. Media memiliki kontribusi sangat kuat terhadap ekonomi kreatif.

Sejalan dengan dengan pemikiran John Anthony Howkins adalah bidang dari ekonomi kreatif adalah periklanan, penerbitan, serta televisi dan radio yang merupakan bagian dari media. Howkins menjadi salah satu penulis dan pembicara sektor ekonomi kreatif yang sangat berpengaruh. Buku berjudul The Creatives Economy How People make money from ideas sangat kental dengan ide-ide kreatif.

Peran penting media dalam bentuk periklanan atau ulasan langsung suatu produk semakin menguatkan branding produk itu sendiri. Kekuatan jangkauan media, teknis grafis serta penataan tata letak produk yang dibalut dalam dimensi iklan sangat mendukung terciptanya pemasaran produk yang kuat dan menarik. Bukan tidak mungkin jika iklan pada media dikemas secara menarik akan mendatangkan ekonomi yang kuat pula pada masyarakat Malang Raya.

Koran harus tetap bernyawa seperti harapan pakar-pakar media. Azyumarrdi Azra selaku Ketua Dewan Pers menyatakan bahwa media atau jurnalisme haruslah berkualitas. Hal ini terendus karena semakin banyaknya media yang kurang konsisten. Sambung Azyumardi Azra terkait tanggapan banyak media abal-abal adalah “Medianya abal-abal, penulisnya abal-abal terkadang isinya juga abal-abal. Ini yang membuat repot banyak pihak,” ujarnya pada 4 Juni 2022.

Media harus tetap menjadi wadah pemberi informasi yang akurat dan akuntabel karena jurnalisme adalah produk yang tidak diperkenankan menyulap data atau dipesan untuk sebagian kalangan. Media yang baik adalah mengabarkan sesuai porsi, berpedoman pada data dan bersifat jujur.

Fokus pada koran atau media cetak, secara bahasa koran diambil dari serapan bahasa asing Belanda yakni krant dan Bahasa asing Prancis courant. Menurut Ermanto, 2005, koran memiliki empat fungsi yang signifikan informasi, edukasi, hiburan dan persuasif. Fungsi menonjol dari koran tidak lain adalah informasi. Informasi yang tidak sekadar basa-basi dan menuai berita dari pesanan sebagian orang.

Berkaca pada fungsi koran itu sendiri, karakterisik koran ada beberapa titik yang harus dijadikan perhatian, di antaranya adalah publisitas, universalitas, aktualitas, dan terdokumentasi. Publisitas mengandung arti bahwa koran diperuntukkan secara umum dan menyangkut kepentingan umum. Universalitas memiliki arti berita yang dimuat harus beraneka ragam.

Aktualitas menjadi hal penting karena berita yang dimuat harus berdasarkan data dan cepat termuat. Sedangkan terdokumentasi berarti fakta yang disajikan oleh koran harus ada loker dokumentasi yang kapanpun siap digunakan dan diakses oleh publik.

Malang Posco Media Asli Korane Arek Malang memiliki kekuatan untuk melakukan hal-hal di atas dengan segala bentuk layanannya. Baik dari sisi koran sebagai perlakuan secara fungsi maupun koran sesuai karakteristiknya. Koran lokal Malang yang memulai terbit pada 1 Agustus 2020 ini meyakinkan di bawah brand baru. Dengan tema Better Together menambah kepercayaan bahwa Malang Posco Media akan semakin kuat di Malang Raya.

Laporan koran ini, tanggal 1 Agutus 2022 menghadirkan rubrik ‘Rumah Kita’ sejak awal berdirinya, sangat menarik untuk dikupas. Ketersediaan layanan cetak koran (hard) dan layanan koran bersifat soft (e-koran) menjadi daya Tarik tersendiri. Platfotm digital koran yang tersedia dengan server yang sangat mungkin pembaca menikmati berita dengan nyaman. Jejaring media sosial juga disiapkan Malang Posco Media sebagai imbal balik dari pesatnya perkembangan generasi milenial.

Bukan tanpa alasan, di usia Malang Posco Media yang kedua ini tanggapan tanggapan dari beberapa tokoh di Malang Raya sangat menguatkan dan positif. Tiga Kepala daerah di Malang Raya sepakat jika Malang Posco Media terus mengedukasi masyarakat melalui berita yang berimbang, melawan hoaks dan informatif yang faktual.

Menarik menyimak beberapa ulasan di antaranya Rektor Universitas Islam Malang Prof. Dr. Maskuri yang mengatakan tuntutan era global harus dibarengi dengan human capital dan intelektual capital. Bangunan-bangunan yang mengarah kepada social capital, networking capital yang harus lebih diperkuat lagi. Dengan harapan Malang Posco Media bukan hanya media yang digemari oleh Arek Malang, tetapi digemari di Indonesia dan dunia.

Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UMM Sugeng Winarno juga memberikan tanggapannya terkait Malang Posco Media yang merayakan hari jadinya kedua, dikuliti habis terkait sejatinya koran itu harus seperti apa. Mengutip tulisannya semenjak lahirnya internet, medsos dan beragam aplikasi telah menjadikan informasi tak layak dipercaya mengalir dan bergulir super cepat. Alat saringnya yakni satu hanya koran profesional yang mampu melahirkan produk jurnalistik yang berkualitas.

Semakin merambahnya berita hoaks adalah bukti degradasi dan kemunduran literasi. Algoritma pemberitaan senantiasa akan dimunculkan oleh pranala melalui notifikasi pada beranda melalui awalan pencarian. Hal ini yang senantiasa harus dilakukan media melalui koran dengan harapan mampu menangkisnya berdasar fakta dan menjunjung tinggi nilai kejujuran.

Pada akhirnya, berkembang menjadi media-media yang profesional adalah tuntutan setiap masyarakat. Selamat Ulang Tahun Malang Posco Media yang kedua. Better Together.(*)

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img