spot_img
Friday, March 1, 2024
spot_img

KWB Night Race Championship; Gencarkan Sport Tourism di Swiss Kecil

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Ratusan riders memacu adrenalin dalam perhelatan KWB Night Race Championship yang digelar di Kota Batu Minggu (26/11) kemarin. Event tahunan tersebut menjadi salah satu potensi olahraga ekstrem berkonsep sport tourism yang terus digencarkan di Swiss Kecil ini.

Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan bahwa yang mampu menarik minat para riders ke kota berjuluk de Kline Switzerland ini sukses digelar berkat kerjasama antara Disparta Kota Batu dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kota Batu.

“Ini merupakan agenda tahunan dalam rangka Hari Jadi Kota Batu untuk menarik wisatawan khususnya di bidang otomotif. Selain untuk mempromosikan berbagai event sport tourism di Kota Wisata Batu,” ujar Arief kepada Malang Posco Media.

Tidak hanya itu, pelaksanaan KWB Night Race Championship berlangsung berbeda dengan event serupa yang digelar di daerah lain. Di mana KWB Night Race Championship digelar pada malam hari di Jalan Sultan Agung Kota Batu.

“Dengan begitu KWB Night Race Championship menjadi sebuah gelaran balap sepeda motor yang iconic serta memliki kesan tersendiri bagi para peserta dan penonton,” bebernya.

Untuk itu dengan adanya KWB Night Race Championship diharapkan mampu menumbuhkan minat dan daya tarik baru bagi warga Kota Batu maupun wisatawan di olahraga ekstrem yang mampu memacu adrenalin ini.

“Kami harap antusias dan berkomitmen Pemerintah mendukung perkembangan olahraga otomotif sebagai daya tarik pariwisata Kota Batu semakin tinggi. Sehingga bisa mendatangkan wisatawan, baik sebagai peserta, penonton maupun pendamping,” paparnya.

Melihat kesuksesan kegiatan tersebut, Disparta akan kembali menggandeng IMI Kota Batu tahun 2024 untuk menghelat event-event otomotif yang lebih besar dan beragam. Terlebih pertengahan tahun 2024 akan ada agenda Jambore Nasional Harley Davidson di Kota Wisata Batu.

Sementara itu dalam pelaksanaannya KWB Night Race Championship diikuti sekitar 220 pembalap dari berbagai kelas di Supermoto dan Road Race. Para peserta berasal dari Kota Batu dan Malang Raya, juga diikuti oleh pembalap dari kota/kabupaten lain di wilayah Jatim dan Jateng.

Dalam event tersebut, total ada 40 race yang dipertandingkan. Mulai dari free practice, pre-final dan final. Terdapat tiga kelas utama yang pertandingan dalam event tersebut. Yakni Bebek 4 Tak, Bebek 2 Tak dan Supermoto.

Dari tiga kelas itu, untuk kelas Bebek 4 Tak rincian kategorinya Bebek 4 tak 150 CC Ecu standar begginer, Bebek 4 tak T.U 130 CC Mix Malang Raya, Bebek 4 tak T.U 130 CC Karisidenan Malang Raya, Bebek 4 Tak T.U 130 CC Mix pemula dan sejumlah kelas lainnya. Sedangkan di kelas Bebek 2 Tak rinciannya, Bebek 2 Tak Standar 125 CC loka Malang Raya, Bebek 2 Tak Standar 125 CC Open, Bebek 2 Tak Standar 125 CC pemula dan sejumlah kelas lainnya.

Serta dikelas Supermoto memainkan Trail 4 Tune Up Standar 180 CC Karisidenan Malang Raya, Trail 4 Tune Up Standar 180 CC lokal KWB, Trail 4 Tune Up Standar 180 CC Non Seeded dan sejumlah race lainnya. Selain tiga kelas tersebut juga mempertandingkan race Mini GP, Komunitas WIN dan Komunitas KING.

Selain KWB Night Race Championship, Disparta telah sukses menggelar event lainnya berkonsep sport tourism. Diantaranya KWB Super Adventure, KWB Run 5 K dan 10 K, billiard, paralayang hingga KWB Rafting serta masih banyak lagi. (adv/eri)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img