MALANG POSCO MEDIA – Sukses tahun 2023 sangat ditentukan dengan resolusi apa yang ingin kita capai di tahun politik ini. Resolusi itu yang kemudian menjadi peta sukses. Karena resolusi adalah fokus dan tujuan yang ingin dicapai dengan segala cara. Tentunya cara yang baik. Baik bagi karyawan atau pegawai, baik bagi perusahaan atau instansi pemerintahan, baik bagi masyarakat dan negara.
Sebagai koran bertagline Asli Korane Arek Malang, Malang Posco Media (MPM) pun sudah menancapkan tekad bulat dan mengobarkan semangat resolusi. Yaitu Malang Posco Media: 2023 Lebih Hebat! Tentu resolusi ini bukan asal tulis. Tapi merupakan hasil perencanaan, evaluasi dan keputusan matang berdasarkan perjalanan bisnis perusahaan dua tahun sebelumnya melayani masyarakat Malang Raya dan sekitarnya.
Kalau 2020 lalu, semangat resolusinya MPM adalah Grow dan Glow, 2021 MOVE dikuatkan dengan Better Togheter saat launching nama baru MPM, maka tahun 2023 ini, MPM pun ingin lebih moncer. Maka pilihan Lebih Hebat terasa sangat pas. Hebat tidak saja secara bisnis, tetapi hebat secara menyeluruh. Hebat karyawannya, hebat konten berita koran dan digitalnya, hebat omzet iklannya, hebat penjualannya, hebat CSR nya kepada masyarakat dan hebat prestasinya bagi Malang Raya.
Dan yang utama, tentu Lebih Hebat bersinergi dengan tiga pemerintahan daerah di Malang Raya. Sebagai media, MPM berkepentingan membangun relasi yang indah dengan Pemkot Malang, Pemkab Malang dan Pemkot Batu. Kenapa? Karena MPM punya tanggungjawab membuat Hebat tiga pemerintahan dengan publikasi program program yang hebat untuk masyarakatnya. Bersinergi menyodorkan solusi-solusi bagi persoalan persoalan yang terjadi dan menginspirasi semuanya untuk berprestasi lebih Hebat!
Maka resolusi Lebih Hebat yang dicanangkan MPM sejalan dengan prioritas program yang dicanangkan Pemkot Malang, Pemkab Malang dan Pemkot Batu. Lihat saja, prioritas program Pemkot Batu tahun 2023. Yaitu pembangunan infrastktur jalan, pendidikan, pertanian dan pelayanan publik.
Setelah sukses membangun jalan tembus Sisir-Temas-Pandanrejo, tahun 2023 ini, Pemkot Batu bakal membangun jalan tembus Metro-Sidomulyo. Tentu pembangunan jalan ini untuk meningkatkan akses masyarakat yang berujung pada meningkatkan laju perekonomian masyarakat setempat. Akses jalan yang mulus menjadi hal utama bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
Fokus kedua adalah pembangunan tahap kedua SMPN 7 Kota Batu di Junrejo yang akhir 2022 lalu diresmikan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. Pendidikan menjadi prioritas penting untuk pemerataan pendidikan di wilayah yang belum memiliki sekolah tingkat SMP tersebut. Fokus ketiga adalah bidang pertanian yang menjadi jantung utama kehidupan masyarakat Kota Batu.
Dan yang tak kalah penting adalah memaksimalkan pembangunan Mall Pelayanan Publik. Pelayanan menjadi prioritas karena pelayanan adalah hal mendasar yang harus diutamakan bila mana Pemkot Batu ingin terus menjadi Kota yang Berjaya dan Desa Berdaya. Resolusi ini sangat pas bila Pemkot Batu ingin Lebih Hebat di Tahun 2023 menjadi abdi masyarakat.
Pemkab Malang juga sama, punya prioritas program tahun 2023. Infrastruktur, pendidikan, dan ekonomi tetap menjadi agenda yang terus digenjot untuk dimaksimalkan. Bupati Malang HM Sanusi pun tak pernah kenal lelah menggelontorkan dana untuk perbaikan infrastruktur, perbaikan sarana pendidikan, dan pengembangan ekonomi agar masyarakat Kabupaten Malang semakin MAKMUR.
Malang Makmur adalah resolusi lima tahunan yang harus dikawal dengan sangat baik oleh Bupati HM Sanusi dan wakilnya Didik Gatot Subroto. Torehan puluhan prestasi tahun 2022 lalu harus menjadi pelecut agar Pemkab Malang lebih hebat prestasinya di tahun 2023. Makin hebat memakmurkan masyarakat dengan program program yang luar biasa.
Pemkot Malang pun sejalan dengan Pemkot Batu dan Pemkab Malang. Di bawah komando Wali Kota Sutiaji, Kota Malang tumbuh dan berkembang menjadi kota yang kreatif dan inovatif. Lihat saja bagaimana getolnya Walikota Sutiaji mempercantik kawasan Kayutangan Heritage menjadi destinasi wisata ikonik saat ini.
Meski banyak pro kontra di awalnya, tapi konsistensi Walikota Sutiaji mengembangkan Kayutangan Heritage makin terbukti. Kawasan itu kini makin rapi, makin bersih, makin cantik untuk menjadi jujugan wisatawan. Kayutangan kini dan ke depan akan menjadi tempat hiburan bagi masyarakat dan akan meningkatkan citra Kota Malang di level nasional dan internasional.
Sutiaji juga getol memperjuangkan Mall Pelayanan Publik di pusat kota. Bahkan saat ini sudah ratusan pelayanan sinergi dari berbagai instansi yang bisa dilayani dalam wadah MPP tersebut. Tentu ini terobosan pelayanan yang hebat untuk membuat masyarakat Kota Malang menjadi kota yang berkembang, maju dan bermartabat.
Tak hanya itu, Sutiaji juga sangat fokus memperjuangkan ekonomi kreatif. Salah satu buktinya adalah sukses membangun Malang Creative Center di jalur utama Kota Malang di kawasan Blimbing. Tentu ke depan, MCC diharapkan menjadi pusat kreativitas para pelaku UMKM, startup yang bisa membuka peluang kerja bagi para milenal.
Apa yang dilakukan Sutiaji patut diapresiasi. Harapannya di tahun 2023 ini, MCC sudah bisa beroperasi dengan maksimal. Pelayanan masyarakat makin meningkat, prestasi pendidikan juga makin berkibar. Torehan puluhan prestasi tahun 2022 lalu juga harus menjadi pelecut bagi Kota Malang untuk makin berprestasi di tahun 2023 mendatang. Sehingga resolusi akhir, menjadikan Kota Malang maju dan bermartabat terwujud. Tentu itu harus dilakukan dengan terobosan terobosan program program yang Lebih Hebat lagi.
Semua itu bakal bisa terwujud dengan mudah bila media, khususnya MPM makin bersinergi dengan Pemkot Malang, Pemkab Malang dan Pemkot Batu. Maka bila digabung resolusinya, MPM Lebih Hebat, Pemkot Batu Makin Berjaya, Pemkab Malang Makin Makmur dan Pemkot Malang Lebih Maju dan Bermartabat. Sungguh resolusi yang indah dan memesona. Kuncinya, semua pihak harus tetap menjaga kepercayaan masyarakat. Jangan pernah mengorbankan apapun yang bisa mencederai kepercayaan masyarakat.
Rhenald Kasali Pakar Marketing dan Bisnis dalam Youtubenya (Senin, 21/11/2022) lalu mengungkapkan dunia saat ini dilanda mistrust. Dimana akhirnya muncul istilah baru yang disebut sebagai trust recession. Trust ressesion adalah resesi yang disebabkan karena trust atau kepercayaan. ‘’Karena Anda percaya bahwa terjadi resesi, bahkan sebelum terjadi Anda sudah mempercayainya,’’ jelasnya.
Perusahaan yang baik dan hebat, kata Rhenald, adalah yang mengerti hubungan antara high trust dan strong performance. Di tengah resesi dan banyaknya perusahaan yang merosot, perusahaan yang baik bisa saja tidak percaya terjadinyanya resesi. Kemudian membangun trust dengan customer, trust dengan society dan melakukan branding. Bahkan membangun pabrik baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan.
“Untuk mendapatkan strong performance itu, caranya bukan menghentikan investasi, melainkan caranya invest. Jadi bagaimana Anda mau panen kalau tidak invest. Bagaimana Anda mau mendapatkan rezeki kalau Anda taruh uang Anda dalam tabungan, Anda biarkan seperti itu. Anda tambah kaya tapi Brand Anda tidak bekerja,’’ tegasnya.
Sebuah perusahaan tidak boleh mengabaikan trust. Trust adalah modal yang menentukan masa depan perusahaan. ‘’Jadi jangan sampai Anda mengabaikan trust. Trust ini adalah modal, harta tak berwujud, harta yang tak kelihatan yang menetukan masa depan,’’ pungkasnya.
Chairman MPM Juniarno Djoko Purwanto dan Dirut MP Sudarno, saat istighotsah akhir tahun 2022 lalu, juga menegaskan tahun 2023 semua karyawan harus mencari tantangan-tantangan yang lebih hebat. Jangan puas dengan satu tantangan, minimal menaklukkan lima tantangan dalam sehari agar semakin naik level kematangan seorang karyawan. Karyawan Hebat, MPM akan lebih Hebat!
Mari menjadi Lebih Hebat dengan kepercayaan publik.(*)