spot_img
Monday, June 24, 2024
spot_img

Kualifikasi Piala Dunia 2026

Masih Ada Kesempatan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIATimnas Indonesia gagal memastikan lolos ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 lebih cepat. Memiliki peluang untuk lolos bila menang atas Irak, Skuad Garuda justru tumbang dengan skor 0-2. Bertanding di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta, Kamis (6/6) kemarin, kekalahan tersebut diiringi dua kali hukuman penalti dan kartu merah bagi Indonesia.

Anak asuh Shin Tae-yong tersebut sempat bermain positif di awal pertandingan. Menurunkan banyak diasporanya di starting eleven, Indonesia hanya menyisakan Ernando Ari, Rizky Ridho dan Marselino Ferdinan sebagai pemain lokal pada pilihan pertama. Ketiganya menemani delapan pemain lain seperti Justin Hubner, Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Thom Haye, Nathan Tjoe A On, Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick.

Indonesia memiliki banyak kesempatan untuk menyerang Irak. Namun, peluang emas pertama dimiliki tim tamu. Pada menit ke-10, tembakan Osamah Rashid dari luar kotak penalti masih melebar dari gawang yang dikawal Ernando Ari.

Indonesia berusaha terus mengancam. Sebaliknya, Irak mengandalkan serangan balik yang kerap mengancam gawamg Ernando. Bahkan, Irak membuat gol di menit ke-16. Namun gol tersebut dianulir wasit.

Ibrahim Al-Kaabawi dianggap wasit dalam posisi offside saat menerima umpan. Sebaliknya, Indonesia memiliki kesempatan seperti ketika Rafael Struick, Ragnar, hingga Marselino sempat memasuki kotak penalti. Sayangnya tak ada gol tercipta dan skor 0-0 mengakhiri 45 menit babak pertama.

Kekokohan lini pertahanan Indonesia akhirnya jebol melalui titik penalti di menit 54. Handsball pemain Indonesia membuat wasit asal Australia Shaun Evans menunjuk titik putih.

Aymen Hussein mampu menjebol gawang Ernando Ari. Tendangan keras ke sisi kiri tak mampu dijangkau pemain Persebaya tersebut.

Setelah unggul 1-0, Irak terus menekan. Bahkan, kelengahan di lini belakang berujung pelanggaran Jordi Amat di depan kotak penalti. Jordi Amat pun tanpa ampun dikartu merah dan harus meninggalkan lapangan lebih cepat.

Irak sempat memiliki peluang memperbesar keunggulan di menit 72. Sayangnya, Aymen tak bisa memanfaatkan penalti keduanya yang dihadiahkan wasit setelah Ernando Ari membuat pelanggaran.

Meskipun bermain 10 pemain, Indonesia tak memilih bertahan. Anak asuh Shin Tae-yong ini masih berusaha keluar menyerang. Sejumlah peluang membuat gol juga didapatkan, salah satunya dari Ragnar Oratmangoen.

Irak akhirnya memastikan kemenangan setelah kembali menjebol gawang Ernando di menit 88.

Kecerobohan Ernando dengan memainkan bola di area penalti membuat dua pemain Irak menempel ketat sang kiper dan berhasil merebut bola. Ali Jassim pun mampu mengecoh Ernando dan membuat gol di menit 88. Skor 2-0 bertahan sampai usai untuk kemenangan Irak.

Shin Tae-yong tak bisa menutupi kekecewaan karena kekalahan tersebut. Ia menyesalkan kesalahan sendiri yang dilakukan pemainnya, dan berujung pada gol lawan.

“Para pemain sudah bekerja keras tetapi banyak hal yang disayangkan. Walaupun kami bermain baik tetapi karena kesalahan sendiri kami kalah,” kata dia.

Hal ini membuat Indonesia mesti bekerja keras lagi untuk laga selanjutnya. Anak asuhnya pantang meremehkan Filipina sebagai calon lawan bila mau lolos ke Babak Ketiga. Ia mau mengevaluasi para pemain pascalaga lawan Irak.

“Dengan pengalaman seperti ini, kami harus berusaha lagi ke depannya. Ini yang harus dievaluasi. Semoga ke depannya kami bisa berkembang lagi,” kata dia.

Dengan hasil ini, Indonesia masih harus bekerja keras untuk lolos ke Babak Tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kemenangan di laga terakhir melawan Filipina, 11 Juni mendatang wajib didapatkan Rafael Struick dkk bila ingin aman mendampingi Irak. Pasalnya, di matchweek kelima ini, Vietnam kembali menempel Indonesia setelah mencatatkan kemenangan 3-2 atas Filipina.

Kini, Vietnam di posisi tiga dengan enam angka, hanya berjarak satu poin saja dari Indonesia. Artinya, bila gagal menang di laga terakhir, sementara Vietnam meraih kemenangan saat away ke markas Irak, Indonesia bisa tersingkir. Sedangkan Filipina sudah dipastikan tersingkir karena baru mengoleksi satu poin.(ley/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img