spot_img
Friday, March 1, 2024
spot_img

MoU dengan POLTEKKES PIM, UNESA Fasilitasi Pendidikan dan Penelitian

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Direktur POLTEKKES PIM, Dr. apt. Erna Susanti, M.Biomed ikut menghadiri Konvensi XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia yang digelar di Graha Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kampus II, Kota Surabaya, Senin (15/1) lalu.

Acara itu sendiri dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutannya, Presiden menekankan bahwa lembaga pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkualitas berdasar  lawatan  yang dilakukan  Presiden Jokowi ke negara  maju dan negara tetangga.

“Dalam acara ini juga, UNESA sebagai tuan rumah memfasilitasi POLTEKKES PIM dengan membuat MoU di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Erna, sapaan akrab direktur kampus POLTEKKES PIM di Jalan Barito No 5 Kota Malang itu.

Menurutnya, kerjasama ini juga implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Kerjasama tersebut menjadi peluang yang sangat luar biasa bagi POLTEKKES PIM untuk berkolaborasi karena kewajiban kegiatan magang yang harus dilakukan oleh institusi berdasar peraturan perundang-undangan terbaru sebagai implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” urainya.

Dilanjutkan Erna, kerjasama juga difasilitasi dalam rangka peningkatan kualitas SDM baik dosen maupun mahasiswa. “MoU yang kita lakukan dengan UNESA adalah bagian dari fasilitas Rektor UNESA pada kegiatan Forum Rektor Indonesia tanggal 15-16 Januari,” tambah dia.

Lebih lanjut Direktur kampus yang mempunyai tagline “Karir Bergengsi Tak Hanya Mimpi” tersebut menjelaskan bahwa hadirnya Presiden Jokowi guna mempercepat pengembangan SDM di Indonesia secara umum.

Selain itu Jokowi menginstruksikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim meningkatkan pendanaan untuk percepatan pencapaian SDM unggul baik dalam program beasiswa dosen S2 dan S3 maupun riset hilirisasi produk penelitian perguruan tinggi yang selaras dengan kebutuhan industri dan stakeholder.

Sementara itu, selain dengan UNESA, POLTEKKES PIM juga menjalin MoU dengan STIKES Kepanjen, Akademi Kuliner Monas Pasifik Internasional Surabaya dan Universitas Nahdlatul Ulama NTB serta Universitas Anwar Medika dalam bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi terkait kegiatan riset dan publikasi.

“Dari MoU yang dilakukan diharapkan menjadi sarana implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan pemerintah sehingga saling melengkapi kekurangan yang ada mulai dari kuliah tamu pakar atau kolaborasi riset dan publikasi bagi dosen,” tutup Erna.

POLTEKKES PIM membuka Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2024/2025 jalur Prestasi dan Peminatan Khusus 1 Oktober 2023 Hingga Februari 2024. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran online dapat mengunjungi website www.poltekkespim.ac.id. (mar)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img