spot_img
Wednesday, April 17, 2024
spot_img

MTs Hasyim Asy’ari Gelar Try Out Tingkat SD/MI se Malang Raya; Jelang UKD, Asah Kemampuan Siswa Kelas 6

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – MTs Hasyim Asy’ari menyongsong tahun ajaran 2024/2025 dengan gebrakan yang tak biasa. Sabtu (17/2) lalu, MTs Hasyim Asy’ari menyelenggarakan try out UKD SD/MI se Malang Raya. 

SERIUS: Para siswa peserta try out tampak serius mengerjakan soal-soal

Kepala MTs Hasyim Asy’ari, Nur Qomariyah, S.Pd mengatakan  bahwa kegiatan try out UKD tersebut pertama kali diadakan di tahun 2024 ini.

KREATIF: Para siswa MTs Hasyim Asy’ari membuka stand bazar dan stand produk inovasi dalam acara try out

“Try out ini pertama kali diadakan di MTs kami. Harapannya, bisa menarik minat siswa-siswi untuk melanjutkan sekolah di sini,” ujar Nining, sapaan akrabnya.

INDAH: Grup tari MTs Hasyim Asy’ari tampil memeriahkan acara try out SD/MI

Gayung bersambut, sebanyak 263 siswa SD/MI se Malang Raya antusias mengikuti kegiatan try out UKD ini. “Kami tidak menyangka antusiasme siswa untuk mendaftar begitu banyak. Target kami 200 peserta, ini sudah mencapai 263 peserta. Bahkan setelah pendaftaran ditutup masih ada yang ingin mendaftar, tetapi terpaksa kami tolak karena administrasi sudah ditutup,” jelas Nining.

Dari 263 peserta, Nining menjelaskan, akan ada reward khusus bagi peserta dengan hasil tertinggi 1-10 besar.

“Ada hadiah bagi peserta yang termasuk 10 besar. Untuk terbaik 1-3 juga ada pialanya dan potongan biaya masuk 50 persen jika bergabung masuk ke madrasah kami,” ujarnya.

Selain itu, Nining menjelaskan akan ada potongan biaya pendaftaran bagi peserta try out yang ingin mendaftar sebagai siswa MTs HA khusus di hari pelaksanaan try out. “Potongan biaya pendaftaran sebesar 500.000 rupiah bagi 15 pendaftar pertama di hari ini (Sabtu, 17 Februari lalu),” tutur Nining.

Usai try out, para peserta juga dihibur dengan aneka penampilan siswa-siswi MTs Hasyim Asy’ari. Sebelum try out, para peserta dihibur dengan penampilan salawat albanjari dan menyanyi solo. Adapun setelah try out peserta juga disuguhkan penampilan tari kreasi dari dua grup siswa MTs Hasyim Asy’ari. “Setelah konsentrasi penuh mengerjakan soal try out kami sediakan hiburan penampilan dari siswa kami. Bisa juga sambil menikmati konsumsi yang disediakan atau mencoba makanan dari stand bazaar yang ada,” terang Nining.

Kegiatan tryout MTs Hasyim Asy’ari tampak meriah. Selain adanya panggung hiburan, kegiatan ini juga dimeriahkan bazar. Beberapa stand bazar tampak menyediakan makanan dan minuman yang dikelola oleh siswa MTs Hasyim Asy’ari.

Di sisi bazaar, ada juga pameran hasil karya dan display piala kejuaraan siswa. Menunjukkan kualitas dan produktivitas siswa di madrasah Jalan LA Sucipto Blimbing ini.

“Prestasinya beragam, ya. Yang terbaru, futsal. Kami mewakili Kota Malang untuk porseni di tingkat Jawa Timur. Ada juga dua alumni yang lolos Liga 1. Kemudian cabang menyanyi, kami juara 1 Kota Malang dan mewakili ke porseni Jawa Timur. Serta masih banyak lagi,” ujar Nining.

Tak cukup dengan segudang prestasi, MTs Hasyim Asy’ari juga punya program unggulan untuk memastikan lulusannya memiliki wawasan religi yang tinggi dan berkarakter unggul. “Program unggulan kami adalah pendampingan ibadah dan mengaji. Kami memastikan anak-anak unggul dalam agamanya,” ujar Nining.

Bentuk pendampingan tersebut tercermin dalam pembiasaan salat berjamaah dhuhur dan ashar setiap hari. Serta kegiatan mengaji setiap pagi, sebelum memulai pembelajaran.

“Kami stimulus terus agamanya, terutama ngajinya. Minimal setelah lulus, mereka hafal juz 30. Lalu, karena di bawah naungan NU, harapannya mereka minimal bisa memimpin tahlil, pembacaan diba, salawat, dan lain-lain,” ujar Nining.

Ia berharap kegiatan try out ini dapat menjadi ajang silaturahmi dengan sekolah-sekolah SD/MI se-Malang raya dan dapat terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. “Kami berterima kasih kepada bapak ibu guru yang sudah memberi kesempatan siswanya mengikuti try out UKD kali ini. Mudah-mudahan kedepan pelaksanaan try out bisa lebih baik lagi dan bisa melaksanakan rutin tiap tahunnya,” pungkas Nining. (bil/adv/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img