spot_img
Wednesday, April 17, 2024
spot_img

Musrenbang Kecamatan Bumiaji, Pelebaran Jurang Susuh dan Pengadaan Lahan Huntap Jadi Atensi

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Pemerintah Kecamatan Bumiaji menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024. Dalam pembahasan tersebut Kecamatan Bumiaji mengajukan 53 program strategis untuk tahun 2025 ke depan.

Kepala Bapelitbangda, MD Forkan, menyampaikan berbagai isu strategis di Kota Batu dan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat, khusunya Kecamatan Bumiaji telah dimasukkan dalam usulan Musrenbang Tahun 2024.

“Usulan tersebut terdiri dari tiga bidang, yakni di bidang infrastruktur, ekonomi dan sosial budaya. Contohnya seperti perbaikan jalan, pembangunan jembatan, drainase, peningkatan fasilitas pendidikan dan keagamaan, pembelian alat pengolah kopi, pembuatan sumur resapan, dan lain sebagainya,” ujar Fokan kepada Malang Posco Media.

Ia menerangkan bahwa 53 usulan adalah usulan dari 9 desa. Dengan rata-rata setiap desa mengusulkan 2-5 lima usulan program. Sedangkan untuk kecamatan mengajukan 2 usulan program.

“2 usulan Kecamatan Bumiaji adalah pelebaran jalan dan jembatan, penahan tebing serta drainase di jurang susuh yang rawan kecelakaan. Kemudian usulan kedua adalah Pengadaan lahan buat hunian tetap (huntap) bagi warga yang terdampak longsor Dusun Brau, Desa Gunungsari,” bebernya.

Menanggapi hal tersebut, Sekda Kota Batu, Zadim Effisiensi, mengungkapkan bahwa dibutuhkan kerja sama banyak pihak untuk memajukan Kecamatan Bumiaji. Hal itu bisa direalisasikan melalui Musrenbang tingkat kecamatan yang selanjutnya dibahas tingkat kota.

“Agar pembangunan di Kecamatan Bumiaji lebih baik, lebih banyak, lebih merata, dan mampu mengakomodir seluruh masyarakat Kecamatan Bumiaji, perlu diagendakan pertemuan antara Pemkot Batu, Kecamatan Bumiaji dan DPRD Dapil Bumiaji untuk tahun berikutnya,” bebernya.

Dari usulan tersebut, nantinya akan ditindaklanjuti dengan mengalokasi anggaran pada sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti Dinas PUPR, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan lain-lain. Diharapkan dapat mendukung pelaksanaan proyek-proyek tersebut.

“Contoh 2 usulan prioritas kecamatan seperti huntap dan pelebaran jurang susuh akan menjadi perhatian kami. Sehingga nantinya bisa direalisasikan pada tahun 2025. Harapannya warga Dusun Brau tidak khawatir dengan bencana tanah gerak atau longsor, begitu juga dengan jurang susuh perlu dilebarkan untuk menghindari banyaknya kecelakaan di jalur alternatif tersebut,” terangnya.

Mengingat usulan-usulan tersebut telah diverifikasi dan disetujui oleh pihak-pihak terkait, serta siap direalisasikan sesuai dengan alokasi anggaran yang telah disediakan. Besar harapan hasil dari Musrenbang Kecamatan Bumiaji ini dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan dan kesejahteraan warga setempat. (eri)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img