spot_img
Friday, May 17, 2024
spot_img

NGOMSET

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Salah satu pilar terpenting dalam bisnis adalah kemampuan seorang pelaku bisnis untuk menciptakan dan menghasilkan omset. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa omset bagi sebuah bisnis ibarat aliran darah bagi tubuh. Ketika aliran darah di tubuh terjadi gangguan atau bahkan berhenti maka seluruh organ tubuh yang ada di dalam tubuh kita tidak akan berfungsi dengan baik dan berakhir pada kematian.

              Berbicara tentang omset, maka sebenarnya kita sedang berbicara tentang customer atau pelanggan, karena di tangan customerlah omset kita ditentukan dan dipertaruhkan sustainability streamnya. Kemampuan seorang pelaku bisnis untuk bisa mendefinisikan customernya menjadi sangat penting, karena semakin dia memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan baik dengan customernya, maka omset bisnisnya pun akan bisa terjaga dengan baik.

              Hari ini, di tengah perubahan zaman yang begitu cepat, customer behavior pun teradaptasi, perilaku customer dua, tiga, lima atau sepuluh tahun yang lalu tentu sangat berbeda. Oleh karenanya kemampuan dan kompetensi seorang pelaku usaha untuk melakukan adaptasi dan terus merumuskan strategi-strategi baru untuk menaikkan omsetnya mutlak di butuhkan.

              Setidaknya ada lima strategi yang bisa diaplikasikan untuk “ngomset” oleh seorang pelaku bisnis, antara lain:

Tentukan Target Market

              Pemetaan target market ini sangat penting, karena kita harus memahami dengan presisi bahwa produk atau jasa yang kita miliki harus berada pada “Winning Zone.” Yakni produk atau jasa kita memang benar diminati oleh customer. Target market berarti bisa diklasifikasikan berdasarkan jenis kelamin, usia, hobi, profesi, wilayah geografis, culture budaya, trend yang ada, pendidikan, kebiasaan kompetitor, dan market leader.

Strategi Penawaran (Offering)

              Sebagus apapun produk atau jasa kita, jika tidak diterima atau dipahami oleh customer maka akan menjadi pekerjaan yang percuma. Oleh karenanya dibutuhkan kemampuan bagi seorang pelaku usaha untuk mampu merumuskan dan menentukan strategi terbaik dalam memberikan penawaran (marketing) kepada calon customer, customer atau loyal customernya.

              Strategi penawaran ini juga bukan hanya berbicara tentang bagaimana dan media apa yang digunakan untuk menjangkau sasaran customernya, akan tetapi juga berbicara tentang konten yang disajikan atau narasi yang disampaikan kepada customer.

              Zaman dulu mungkin butuh biaya yang tidak sedikit untuk melakukan strategi penawaran ini, karena medianya sangat terbatas dan hanya segmen tertentu yang bisa mengaksesnya, akan tetapi di era digital sekarang pelaku bisnis sangat gampang sekali menggunakan media dan membuat konten untuk menembus customernya. Contohnya whatsApps, telegram, marketplace, facebook, instagram, google my business, website, shopee, tokopedia, bukalapak dan masih banyak platform digital lainnya.

Tingkatkan Trafic di Bisnis Anda

              Ada sebuah istilah, “No trafic, no customer, no sales dan no omset.” Trafic adalah jumlah angka kunjungan customer atau calon customer ke bisnis kita, semakin banyak orang yang berkunjung ke gerai, toko, website, akun bisnis kita, baik secara online atupun offline, maka akan semakin besar juga peluang seseorang itu membeli atau memanfaatkan produk kita.

              Tugas kita sebagai pelaku bisnis, harus memastikan sebanyak mungkin orang yang datang dan berkunjung ke bisnis kita, baik secara offline ataupun online. Salah satu strategi untuk menaikan trafic adalah dengan “funneling” atau dengan memberikan program gratisan-gratisan, dengan tujuan ketika diadakan program gratisan-gratisan tersebut akan terjadi mobilisasi customer yang banyak ke bisnis kita.

Berikan “Best Experience” Pada Customer

              Customer yang sudah terpikat untuk datang dan mencoba membeli atau memanfaatkan jasa dari bisnis kita akan berakhir pada dua hal. Yakni Pertama, dia akan menjadi loyal customer yang otomatis dia akan repeat order; Kedua, dia tidak akan kembali lagi karena kecewa.

              Customer Experience ini perihal yang sangat penting, karena orang akan menyimpulkan dan memutuskan untuk kembali lagi repeat order jika obsesi dan ekspektasinya terhadap Brand, Produk dan Service kita terpenuhi sesuai harapannya. Customer mengalami sebuah pengalaman terbaik pada saat pertama kali membeli atau memanfaatkan jasa dari bisnis kita sesuai dengan janji penawaran yang disampaikan.

Convert Customer Menjadi Loyal Customer dan Customer Ambasador

              Pekerjaan terpenting bagi seorang pelaku bisnis adalah kemampuannya untuk menkonversi semua customernya menjadi loyal customer dan menjadi customer ambasador. Loyal customer adalah mereka yang benar-benar sudah memiliki engagement dengan kita dan bisnis kita atau produk kita, maka dia bisa dipastikan akan melakukan repeat order. Bahkan mungkin lebih banyak ordernya karena dia merasa terlayani dan menjumpai kepuasan terhadap produk atau jasa kita.

              Setelah dia menjadi loyal customer, maka secara otomatis dia akan menjadi Ambasador bagi produk atau jasa kita. Ambasador berarti dengan sukarela dia akan mempromosikan produk atau jasa kita dengan testimoni-testimoni selama dia menggunakan produk atau jasa kita kepada orang-orang terdekatnya secara terus menerus.

              Kelima hal di atas adalah tahap-tahapan sekaligus strategi yang bisa kita gunakan agar binsis atau usaha kita bisa terus “ngomset.” Tidak ada yang susah dalam menjalankan bisnis, hanya dibutuhkan optimisme, kegigihan, tahan banting, kekuatan otot menyusun strategi dan ketulusuan dalam melayani dalam seluruh aktivitas bisnis kita.(*)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img