spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img

Pendaftaran Kangmas Nimas 2024 Dibuka, Saatnya Anak Muda Ikut Kembangkan Pariwisata Kota Batu

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu telah melakukan sejumlah roadshow pemilihan Duta Wisata Kota Batu atau Kangmas Nimas 2024. Adapun pendaftaran akan dibuka mulai 26 Februari hingga 31 Maret mendatang.

Kabid Ekraf dan SDM Pariwisata Disparta Kota Batu, Suhartini Ningsih mengatakan pemilihan Duta Wisata Kota Batu Kangmas Nimas tahun ini mengangkat tema “Kutho Batu Sekar Nyawiji”. Acara ini disebutnya tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Kami sudah melaksanakan roadshow di sekolah-sekolah dan ke kampus-kampus,” ujarnya, kemarin. Dijelaskan terkait pendaftaran sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya peserta berumur 16-24 tahun, warga Malang Raya, khususnya Kota Batu, belum menikah, tidak sedang menjabat sebagai duta wisata daerah lain.

“Untuk lebih lengkapnya bisa melihat instagram disparta_batu. Pendaftaran gratis tidak dipungut biaya apapun,” sambung Hartini sembari mengatakan, ditargetkan 150 peserta yang mendaftar. Sedangkan pendaftaran bisa dilakukan di sekretariat bertempat di Batu Tourism Mall, Jalan Kartini Nomor 10 Kota Batu.

Dilanjutkan, nantinya setelah melalui berbagai seleksi akan terpilih 10 pasang finalis, laki-laki dan perempuan. “Seleksi pertama menghasilkan 20 pasang, lalu seleksi kedua menghasilkan 10 pasang, kemudian grand final penggodokan untuk pemenang juara 1, 2, 3 dan seterusnya,” imbuh Hartini.

Sementara itu, Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan bahwa ajang Kangmas Nimas ini sebagai rangka berkelanjutan setiap dua tahun sekali untuk mencari regenerasi, khususnya untuk mencari anak muda yang aktif dan produktif dalam menyiarkan potensi dan perkembangan pariwisata di Kota Batu.

Melalui event ini, lanjut Arief, dipersiapkan kader-kader muda sebagai duta wisata. Sehingga harus disertai pula dengan sumber daya manusia yang mumpuni dan komitmen sebagai landasan utama menginisiasi suatu inovasi memajukan kepariwisataan.

“Duta Wisata Kangmas Nimas berperan sebagai mitra pemerintah dan pelaku industri mempromosikan pariwisata. Sehingga perlu kapasitas dan kapabilitas. Dibekali juga daya kreativitas dan inovasi,” ungkapnya.

Sebagai ujung tombak pengembangan kepariwisataan Kota Batu, Kangmas Nimas yang terpilih diharapkan membawa angin segar bagi kemajuan Kota Batu. Salah satunya potensi pariwisata Kota Batu bisa bergaung hingga mancanegara, tak hanya di tingkat regional maupun nasional.

“Potensi pariwisata Kota Batu sangat luar biasa. Maka perlu pengoptimalan promosi pariwisata guna mendongkrak tingkat kunjungan. Dengan begitu anak muda akan turut berkontribusi membangun pengembangan pariwisata, khususnya di Kota Batu,” urainya.

Bagi Kota Batu, pariwisata menjadi motor penggerak roda perekonomian. Sehingga pasca pandemi ini, lanjut Arief, semua lini harus bersatu padu memacu pertumbuhan ekonomi daerah. Tak terkecuali Kangmas Nimas bagian representasi generasi muda untuk turut mempromosikan pariwisata Kota Batu, baik tataran domestik maupun mancanegara.

“Inilah tujuan penyelenggaraan duta wisata sebagai upaya membangun dan mengembangkan SDM. Khususnya generasi muda dapat memahami keanekaragaman daya tarik wisata yang didukung pula ekonomi kreatif masyarakat,” pungkasnya. (adv/eri/bua)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img