spot_img
Monday, April 15, 2024
spot_img

PPG UM Inisiasi Program Riset dan Abdimas

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sekolah Pascasarja (SPs) Universitas Negeri Malang (UM) telah menyelenggarakan Finalisasi Panduan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat melalui Skema Dana Pengembangan PPG. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Santika Premiere Malang, pekan lalu.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd, saat membuka acara menyampaikan pentingnya pengembangan riset dan pengabdian kepada masyarakat dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Inisiasi dengan melibatkan mahasiswa PPG ini merupakan inovasi yang baik, dan baru pertama kalinya yang dilakukan oleh perguruan tinggi penyelenggara PPG. “Hal ini merupakan sebuah dorongan bagi UM untuk terus berkomitmen dalam mengembangkan pendidikan dan pembelajaran,’’ katanya.

Prof Hariyono menambahkan, saat ini skema penelitian di UM tidak hanya berfokus kepada dosen saja, melainkan juga memberikan kesempatan kepada semua civitas termasuk mahasiswa dan tenaga kependidikan.

‘Kami mendorong akselerasi publikasi target 1.000 artikel untuk mahasiswa PPG. Oleh karena itu kami mohon bantuan dosen pengampu mata kuliah PPG untuk melakukan pendampingan kepada mahasiswa dalam penulisan dan publikasi,” tambahnya.

Selanjutnya, Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.Pd, menjelaskan proses penyusunan panduan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini. “Panduan ini telah melalui proses yang matang melibatkan berbagai pihak, termasuk LPPM dan UPT PUBLIKA UM, dan kami yakin bahwa panduan ini akan memberikan arah yang jelas bagi para peneliti dalam menjalankan kegiatan penelitian dan pengabdian,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, tujuan dari finalisasi panduan ini adalah untuk memberikan arahan yang jelas dan terstruktur bagi para peneliti dalam mengembangkan riset dan pengabdian kepada masyarakat. “Panduan ini juga diharapkan dapat memperkuat sinergi antara dunia akademis dan masyarakat, serta memiliki dampak nyata khususnya bagi pengembangan pendidikan,” terangnya .

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi Panduan Program Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang disampaikan oleh Ketua LPPM UM, Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si yang dipandu oleh Dr. Zihan Novita Sari, M.Pd.

Dalam kesempatan ini Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si memberikan gambaran capaian hasil-hasil penelitian dan pengabdian UM. Ia menyampaikan bahwa UM sejauh ini merupakan PTN dengan jumlah pengusul proposal penelitian tertinggi di Indonesia. “Dengan demikian kami berharap hal ini juga dibarengi dengan produktivitas yang berdampak global serta berintegritas,” ucapnya. (imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img