spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

Salat Tarawih di Sekolah, Perdalam Materi Fikih

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Guru SDN Blimbing 3 mengajak siswanya salat tarawih bersama di sekolah. Khusus bagi mereka yang kelas 4, 5 dan 6. Salat tarawih bersama di sekolah membuat nuansa ramadan berbeda dari biasanya.

Selain itu, di ramadan tahun ini menjadi momentum untuk penguatan materi pelajaran fikih. Dengan tujuan siswa lebih memahami tentang taharah, tata cara salat, puasa dan zakat.

“Dengan harapan siswa dapat menjalankan ibadahnya lebih baik, karena semakin mengerti ilmunya,” ucap Kepala SDN Blimbing 3 Kota Malang, Sri Utami, S.Pd., M.Pd, Sabtu (30/3) lalu.

Di kegiatan pondok ramadan kali ini, siswa juga membaca surat Yasin dan tahlil untuk mendoakan para pendiri dan para guru yang sudah mendahului. Sri Utami juga menjelaskan, kegiatan ini ingin  memberikan pengalaman yang berkesan bagi siswa, agar mereka tidak hanya belajar di kelas, tetapi juga memahami nilai-nilai keagamaan dan kemanusiaan.

“Kegiatan pondok ramadan ini menjadi bukti nyata bahwa pendidikan tidak hanya tentang pembelajaran akademis, tetapi juga membentuk karakter dan kepedulian bersama,” ucap Sri Utami.

Pada pelaksanaan pondok ramadan tahun ini, SDN Blimbing 3 Kota Malang membagi waktu kegiatan. Untuk kelas kecil dilaksanakan pada hari pertama dan kelas besar pada hari kedua dengan porsi waktu yang lebih panjang hingga salat tarawih. Selain itu, siswa juga diberikan buku amaliyah ramadan sebagai buku monitoring serta mengikuti kuliah tujuh menit (kultum), tadarus  Alquran hingga buka bersama.

Sri Utama juga menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk pendalaman dan pembiasaan religius kepada seluruh warga sekolah di lingkungan SDN Blimbing 3 Kota Malang.

Selain itu, juga sebagai media pembelajaran siswa untuk mencapai nilai religius yang tinggi sesuai dengan motto sekolah SDN Blimbing 3 Kota Malang yakni, Santun dalam Pekerti, Unggul dalam Prestasi.

“Harapannya, dari kegiatan ini keluarga besar SDN Blimbing 3 Kota Malang dapat mencetak generasi qurani dan generasi salih-salihah yang membawa manfaat bagi nusa, bangsa, agama dan keluarganya,” pungkasnya. (hud/imm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img