spot_img
Wednesday, June 19, 2024
spot_img

SD Muhammadiyah 9 Malang Wisuda Khatmil Dan Tahfidzul Quran; Perkuat Keislaman Konsisten Bina Generasi Qurani

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Generasi Qurani kembali dilahirkan SD Muhammadiyah 9 Jenderal Sudirman Kota Malang. Pada Minggu (19/5) sebanyak 166 siswa dengan bangga mengikuti prosesi Wisuda Khatmil dan Tahfidzul Quran. Acara itu digelar di Aula VEDC dan disaksikan langsung oleh orang tua masing-masing.

Ungkapan apresiasi dan bangga disampaikan oleh Pj Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, melalui asistennya yang hadir dalam acara. Pj Wali Kota Malang berharap pemahaman siswa SD Muhammadiyah 9 pada Alquran semakin menumbuhkan kecintaan mereka pada Alquran. “Selamat kepada anak-anak yang telah berhasil khatam dan hafalan Alquran. Ini pencapaian luar biasa dan patut dibanggakan. Kami turut berbahagia akan keberhasilan ini,” ucapnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada guru dan orang tua yang membimbing dan mendukung putra-putrinya untuk belajar agama sejak dini. Karena pendidikan agama menjadi pondasi karakter siswa untuk menumbuhkan akhlakul karimah. “Kota Malang sangat bangga memiliki lembaga seperti SD Muhammadiyah 9, yang konsisten dalam membina generasi qurani. Menjadi pelopor yang mengajarkan nilai-nilai keislaman dan menghasilkan generasi yang berkualitas,” ungkapnya.

Ketua Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, Arip Hidayat, M.Pd.I mengatakan, rata-rata siswa yang wisuda Alquran tahun ini hafal dua juz. Kelas paling bawah ada yang kelas 1 dengan hafal juz 30. Sedangkan paling banyak lima juz.

Untuk mencapai prosesi wisuda siswa mengikuti pendampingan di sekolah. Pendampingan khusus dilaksanakan setiap Senin dan Kamis setelah salat Ashar. Sedangkan yang reguler setiap hari di pagi hari.

Arip juga membagikan tips supaya dapat menghafal Alquran dengan cepat. Diantaranya tekad dan niat yang kuat, orang tua mendukung dengan ikut mendampingi di rumah, mengurangi waktu bermain dan rajin murajaah. “Mereka yang tekun menghafal Alquran otaknya semakin cerdas, dan tentu berimbas pada nilai akademiknya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, Sony Darmawan,S.Pd., M.Pd merasa bersyukur akan terlaksananya wisuda yang ke-8. “Ini merupakan kebahagiaan kami dapat mengantarkan anak ke prosesi wisuda khataman dan tahfidz,” ucapnya kepada Malang Posco Media, kemarin.

Kebahagiaan itu bertambah dengan jumlah siswa yang diwisuda tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Sony mengungkapkan, bahwa kesuksesan tersebut salah satunya berkat percepatan yang dilakukan oleh SD Muhammadiyah 9 Kota Malang.

Diantaranya dengan menggelar ujian munaqasah tiga kali dalam satu tahun. Biasanya hanya dua kali dalam setahun. Dengan tiga kali munaqasah dapat mendorong siswa lebih giat menghafal.

Sony berharap para siswa wisudawan dapat mengamalkan Alquran sehingga menjadi kebiasaan dan akhlak yang baik. “Terutama bagi mereka yang kelas 6, terus tingkatkan hafalannya di sekolah selanjutnya, dan tetap menjaga akhlak dan karakter yang telah dibangun selama ini,” pungkasnya. (imm/sir/udi)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img