Malang Posco Media – Sebagus apapun produk yang dihasilkan, tetapi jika tidak disertai dengan teknik marketing yang tepat, maka akan percuma. Untuk menghindari kegagalan tersebut, diperlukan trik-trik khusus. Dalam Inspirational Talk Upgrading Communication & Pitching For Creative Economic Actor yang digelar Disporapar Kota Malang di SAM Space Gajayana, Jumat (11/11), dibeberkan trik untuk memasarkan produk agar laris manis dan diburu pelanggan.
Founder INDIEKRAF, M Ziaelfikar mengatakan, yang utama adalah memahami produk yang dijual. “Mulai dari latar belakang kenapa menjual produk± tersebut, bahan dan kandungannya, hingga siapa pesaingnya. Harus dipahami dengan seksama,” ujar pria yang akrab disapa Fikar ini.
Kedua, harus tahu segmen pasar yang menjadi bidikan. Seperti kondisi geografis, demografis, hingga perilaku konsumen. Untuk itu, menentukan segmen harus benar-benar spesifik atau segmented. “Misalkan produk yang dijual cepat basi atau fresh, tidak perlu menjual produk hingga luar kota atau luar provinsi. Cukup memaksilkan pasar di dekat kita. Jangan membidik segmen terlalu jauh. Pertimbangkan juga usia dan jenis kelamin,” bebernya.
Selanjutnya, tentukan bagaimana cara kita berkomunikasi dengan segment tersebut. Karena setiap segmen memiliki karakter komunikasi yang berbeda. Ada yang suka melalui platform Instagram atau bahkan melalui WhatsApp langsung.
“Terakhir, evaluasi dan evaluasi. Apakah langkah-langkah yang sudah kita lakukan benar dan tepat. Kalau masih belum, bisa kita perbaiki. Begitu seterusnya,” sambung Fikar.
Acara Inspirational Talk Disporapar Kota Malang sendiri digelar selama dua hari dengan narasumber berbeda. Di hari pertama, Kamis (10/11), materi diberikan oleh Dedy Marquis (Facilitative Trainer) dan Azelia Trifiana (Content Writer). Sedangkan di hari kedua, oleh Arif Bawono Surya (Co-founder Letsplayindo) dan M Ziaelfikar (Founder INDIEKRAF). (nda)